Mudik dengan Mobil Pribadi
Sumber gambar : freepik/faizaminudin

Menjelang Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan tradisi mudik ke kampung halaman. Nah untuk Sobat yang mudik dengan mobil pribadi perlu perhatikan beberapa hal berikut.


Tidak terasa sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, biasanya menjelang hari raya pastinya akan banyak yang melakukan mudik ke kampung halaman. Mudik ini bertujuan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar sekaligus silaturahmi dan bermaaf-maafan.

Selain dengan transportasi umum mudik biasanya juga menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Mudik dengan mobil pribadi bisa dibilang lebih hemat dan bisa membawa banyak barang bawaan sekaligus.

Baca Juga : Tips Mudik Lebaran Aman Dengan Transportasi Umum

Namun, sebelum melakukan mudik dengan mobil perlu periksa terlebih dahulu di beberapa bagian mobil. Mengingat jarak tempuh yang jauh kendaraan harus dipastikan kondisinya. Jangan sampai mobil mengalami masalah selama di perjalanan.

Ini dia beberapa hal yang wajib diperiksa sebelum mudik dengan mobil pribadi supaya meminimalisir kerusakan mobil dan tetap lancar sampai tujuan dengan selamat.

1. Air Aki dan Listrik

Mudik dengan Mobil Pribadi
Sumber gambar : freepik/weyo

Sebelum melakukan perjalanan mudik penting untuk melakukan pengecekan kelistrikan mobil. Hal ini penting untuk dapat mengetahui besar arus yang masuk dan pastikan tidak ada kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Selain cek bagian kelistrikan tetapi juga penting untuk melakukan pengecekan pada air aki. Pastikan air aki dalam kondisi penuh, jangan sampai aki kendaraan dalam kondisi kering dan merusak komponen mobil akibatnya akan mengangggu perjalanan mudik.

2. Oli Mesin

Mudik dengan Mobil Pribadi
Sumber gambar : freepik/jaynothing

Selama mengemudi jarak jauh maka penting untuk cek oli dalam kondisi baik. Oli mesin ini penting untuk mengurangi gesekan antar komponen. Jika oli dalam kondisi yang tidak baik maka dapat berpengaruh pada kondisi mesin yang cepat panas dan bisa berisiko terjadi kecelakaan.

Selain cek oli mesin periksa juga bagian transmisi dan gardan mobil supaya dalam kondisi yang baik.

3. Ban Mobil

Mudik dengan Mobil Pribadi
Sumber gambar : freepik/ArtPhoto_studio

Bagian mobil yang wajib banget diperiksa sebelum mudik yaitu ban. Ban mobil memang bagian mobil yang penting, sehingga wajib untuk cek kondisi ban dalam kondisi baik. Jika kondisi ban sudah halus maka harus diganti dengan ban baru.

Sobat juga wajib cek tekanan angin untuk mencegah ban pecah diperjalanan. Selain itu, jika tekanan angin sudah pas akan membantu membuat jarak pengereman lebih baik sehingga lebih aman.

4. Air Radiator

Mudik dengan Mobil Pribadi
Sumber gambar : freepik/blkstudio

Saat mengemudi dalam jarak yang jauh tentunya membuat mesin mobil bekerja lebih keras sehingga membuatnya panas. Itu sebabnya, penting untuk memeriksa kondisi air radiator sebelum mudik.

Air radiator ini sangat vital karena berperan sebagai sistem pendingin mesin untuk mencegah mesin panas atau overheat. Jadi jangan mengabaikan komponen ini karena jika air radiator tidak dalam kondisi baik dapat membuat perjalanan mudik jadi terhambat.

5. Rem dan Kopling

Mudik dengan Mobil Pribadi
Sumber gambar : freepik/standret

Rem merupakan salah satu hal vital saat mengemudi mobil, maka peru dilakukan pengecekan terutama pada minyak rem. Karena minyak rem yang kotor dapat menurunkan kinerja rem. Selain rem cek juga minyak kopling, karena jika minyak kopling bocor maka mobil tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk memindahkan gigi transmisi.

Baca Juga : Tips Mudik Lebaran Bersama Anak

6. Lampu Penerangan

Mudik dengan Mobil Pribadi
Sumber gambar : freepik

Cek juga kondisi lampu mobil masih berfungsi dengan baik. Meski terlihat sepele lampu utama maupun sein memiliki fungsi penting selama perjalanan. Lampu ini berfungsi untuk melihat kondisi jalan ketika gelap dan sebagai tanda ketika akan berbelok. Jadi periksa kembali sistem kelistrikan pada sambungan kabel dan bohlam lampu dalam kondisi baik sebelum mudik.

 Itu dia beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum mudik dengan mobil pribadi. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri selama perjalanan dengan membawa perlengkapan seperti uang cash, ban cadangan, dan perlengkapan pribadi.

Tidak lupa juga untuk konsumsi suplemen dan vitamin kesehatan saat sahur supaya selama perjalanan mudik lebih kuat dan tubuh tetap dalam kondisi sehat. Belanja suplemen dan vitamin di Klik Indomaret aja, karena produknya lengkap, banyak diskonnya, dan gratis ongkir.

Belanja Suplemen dan Vitamin di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here