menjaga kesehatan mulut anak
sumber gambar: freepik/YuriArcursPeopleimages

Mengajarkan pentingnya kesehatan dan kebersihan mulut pada anak perlu dilakukan orang tua sedari dini. Tidak hanya menggosok gigi, ini 3 cara menjaga kesehatan dan kebersihan mulut anak.


Kondisi mulut yang tidak terawat, bisa menyebabkan berkembang biaknya bakteri dalam mulut secara tidak terkendali. Sehingga, rawan menimbulkan masalah gusi serta kerusakan gigi. 

Untuk itu, merawat gigi adalah perilaku yang harus dibiasakan sejak kecil. Jadi, peran orang tua sangat penting untuk mengajarkan si Kecil cara merawat kesehatan gigi dan gusi. Nah ini dia beberapa tips menjaga kesehatan dan kebersihan mulut khususnya untuk anak berusia 6 – 12 tahun agar gigi dan mulutnya sehat. 

1. Ajari Anak Cara Menyikat Gigi yang Benar

menjaga kesehatan mulut anak
sumber gambar: freepik/mintpro

Mungkin akan sulit bagi anak untuk menyikat gigi dengan benar jika tidak ada yang mencontohkannya. Oleh karena itu, orang tua perlu mempersiapkan cara menyikat gigi yang benar kepada anak. Selain itu, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang.

Biasanya, anak mulai bisa menyikat gigi sendiri di usia 7 – 8 tahun. Namun, setelah itu pun orang tua dianjurkan untuk tetap mendampingi anak menyikat gigi, baik di pagi hari maupun malam hari   

2. Batasi Jajanan Manis dan Berikan Camilan Sehat

menjaga kesehatan mulut anak
sumber gambar: freepik/whitebearstudio

Anak-anak usia sekolah umumnya menyukai jajanan, apalagi saat mereka sedang di sekolah atau pergi main bersama teman-temannya. Jajanan yang disukai anak pun umumnya camilan manis yang mengandung banyak gula. Makanan seperti ini tidak baik untuk kesehatan gigi.

Oleh karena itu, sebagai orang tua Ayah dan Bunda perlu mengingatkan si Kecil untuk tidak terlalu sering membeli makanan atau minuman manis terlalu sering. Sebagai gantinya, anak bisa dibekali dengan camilan sehat berupa campuran buah potong atau minuman yang kaya akan kalsium seperti susu, yogurt, atau keju.

3. Berikan Obat Kumur

menjaga kesehatan mulut anak
sumber gambar: freepik/user7920588

Untuk mencapai kebersihan gigi dan mulut yang maksimal, menyikat gigi saja tidak cukup. Diperlukan juga obat kumur untuk membersihkan area yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi, misalnya sela-sela gigi dan pangkal tenggorokan 

Namun, Ayah dan Bunda harus ingat jika obat kumur hanya dianjurkan untuk anak yang berusia diatas 6 tahun. Hal ini, karena anak diatas usia tersebut umumnya sudah bisa berkumur dengan baik sehingga tidak berisiko menelan cairan obat kumur.

Berilah si Kecil obat kumur dengan rasa yang ringan dan dilengkapi dengan minyak esensial. Seperti Listerine Antiseptic Mouthwash MultiProtect Zero produk ini mampu mengurangi 99,9% bakteri jahat penyebab gigi berlubang dan masalah gusi.

Tidak hanya itu, Listerine Antiseptic Mouthwash Multiprotect Zero juga bisa membuat napas menjadi lebih segar hingga 12 jam dan mengandung fluoride yang mampu menambal atau melapisi dinding gigi, sehingga kekuatan dan kesehatan gigi si Kecil tetap terjaga.

Itu dia cara-cara yang bisa Ayah dan Bunda terapkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut anak usia 6 – 12 tahun. Selain menerapkan cara-cara tersebut, jangan lupa ajak si Kecil ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ya. 

menjaga kesehatan mulut anak
Periode promo berlangsung dari 16 – 30 September 2023

Jaga Kesehatan Mulut Keluarga Bareng Listerine

Sumber informasi: listerine.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here