cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik

Masalah hidup tersumbat memang sangat mengganggu terlebih pada bayi. Berikut ini cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa kamu coba.


Hidung tersumbat adalah masalah umum yang dapat dialami siapa saja bahkan bayi. Bayi yang mengalami hidung tersumbat akan merasa tidak nyaman dan sulit bernapas. Namun, bagi sebagian orang tua  tidak mengetahui cara yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun jangan khawatir, ini beberapa langkah untuk membantu mengatasi masalah hidung tersumbat dengan aman dan efektif. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

1. Cukupi Asupan Cairan

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik/shurkin_son

Ketika Si Kecil mengalami hidung tersumbat pastikan untuk memberikan asupan cairan yang cukup. Hal ini berguna untuk menghindari tenggorokan kering dan mengencerkan lendir atau ingus di hidung.

Penuhi asupan cairan bayi dengan memberikan ASI eksklusif sesering mungkin atau jika Si Kecil sudah menerima MPASI bisa berikan air putih hangat sesuai takaran. Hindari juga untuk memberikan minuman manis terlalu sering.

Baca Juga : Tips dan Strategi Efektif Mengatasi Anak Tantrum

2. Bersihkan Lendir dalam Hidung

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik/zilvergolf

Lendir atau ingus pada hidung saat pilek kadang bisa mengeras dan menjadi kerak jika tidak dibersihkan dengan rutin. Membersihkan hidung bayi akan membantu mencegah dan meredakan penyumbatan hidung.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan lendir di hidung pada bayi. Bisa gunakan saline drops khusus bayi di apotek atau bisa juga gunakan nose suction bulb untuk membantu mengeluarkan lendir dalam hidung.

3. Gunakan Humidifier

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik/pvproductions

Memasang humidifier di kamar bayi dapat membantu menjaga kelembaban udara. Udara yang lebih lembap dapat membantu mengencerkan lendir dan membuat bernapas menjadi lebih mudah bagi bayi. Pastikan humidifier dalam keadaan bersih dan aman untuk digunakan.

4. Perhatikan Posisi Bayi

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik/jcomp

Posisi menggendong dan posisi tidur bayi harus diperhatikan supaya hidup tersumbat tidak mengganggu Si Kecil. Usahakan untuk menggendong bayi dalam posisi tegak supaya lendir yang menyumbat hidung tidak mengganggu pernapasan.

Sedangkan saat tidur posisikan kepala bayi sedikit lebih tinggi dari badan supaya lendir atau ingus dapat mengalir keluar lebih mudah.

5. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik

Sebelum Si Kecil tidur mandikan dahulu dengan air hangat. Uap dari air hangat ini dapat membantu mengencerkan lendir sehingga meredakan hidung tersumbat. Selain memandikannya bisa juga dengan memberikan terapi uap dengan membiarkan Si Kecil menghirup uap dari air hangat tanpa harus memandikannya.

6. Gunakan Minyak Telon

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik/valuavitaly

Minyak telon yang dibalurkan pada badan bayi dapat memberikan rasa hangat dan aroma yang tercium dapat membantu untuk meredakan hidung tersumbat. Gunakan minyak telon setiap setelah memandikan Si Kecil. Pastikan juga minyak telon yang digunakan aman untuk bayi dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Baca Juga : Tips Memilih Baby Oil yang Nyaman untuk Bayi

7. Konsultasikan dengan Dokter

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Sumber gambar : freepik/odua

Jika masalah hidung tersumbat pada bayi berlangsung lebih lama dan tidak kunjung sembuh maka segera konsultasikan dengan dokter. Konsultasikan dengan dokter ahli supaya masalah hidung tersumbat Si Kecil dapat langsung ditangani dan tidak mengganggu pernapasannya.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa menjadi tugas yang melelahkan. Namun dengan langkah-langkah yang benar tentunya membantu bayi merasa lebih nyaman dan bernapas dengan lebih baik. Ingatlah selalu untuk melakukan tindakan dengan lembut dan hati-hati agar tidak menyakiti Si Kecil.

Jangan lupa selalu gunakan produk bayi seperti minyak telon yang aman untuk meredakan hidung tersumbat Si Kecil. Belanja minyak telon yang aman untuk bayi dengan pilihan yang beragam, banyak promonya, dan gratis ongkir di Klik Indomaret aja. Jadi tunggu apalagi, yuk belanja sekarang!

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Periode promo hingga 5 September 2023

Belanja Produk Perlengkapan Bayi di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here