sleep training bayi
sumber gambar: freepik/javi_indy

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan bayi. Itu mengapa, penting menerapkan sleep training pada bayi. Berikut cara sukses sleep training bayi.


Otak kita tetap bekerja saat tidur, begitupun otak si Kecil. Karenanya menurut The American Academy Of Sleep Medicine merekomendasikan durasi tidur untuk bayi berumur 4 – 12 bulan ( 12 – 16 jam sehari), usia 1 – 2 tahun (11 – 14 jam sehari), dan usia 3 – 5 tahun (10 – 13 jam sehari). Durasi tidur yang benar dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pertumbuhannya.

Sebaliknya, bayi dengan durasi tidur yang tidak cukup memiliki beberapa negatif untuk anak dan orang tuanya. Berdasarkan data American Academy of Pediatrics (AAP), semakin sering frekuensi si Kecil bangun saat malam hari dan mengganggu tidurnya. Maka, semakin besar hal itu berdampak pada kesehatan mental Ibu, berat badan si Kecil di masa depan, masalah perilaku, dan pertumbuhan otak yang terhambat. 

Lalu, bagaimana caranya agar agar sleep training yang dilakukan Ayah dan Bunda ke si Kecil dapat berhasil? Tapi sebelum melakukan tips ini, dikonsultasikan dulu kesehatan si Kecil ke dokter spesialis anak. Untuk melihat apakah ada kondisi kesehatan yang sebenarnya mengakibatkan si Kecil kesulitan untuk tidur atau tidak. 

Jika sudah, Ibu dan Ayah bisa memulai untuk melakukan beberapa tips sleep training berikut ini. Sebelumnya, pastikan Ibu dan Ayah punya pemahaman yang sama mengenai sleep training ini ya.

1. Buat Catatan Tidur

sleep training bayi
sumber gambar: freepik/krakenimages.com

Langkah pertama, Ibu perlu mencatat daftar tidur harian si Kecil agar memahami pola tidurnya. Informasi ini akan membantu Ibu mengatasi kebiasaan tidur si Kecil. Dengan mengetahui jadwal tidur si Kecil, Ibu bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membawanya tidur.

Ketika di malam hari, Ibu pun bisa mengetahui waktu si Kecil bangun dan bisa memanfaatkan waktu sebelumnya untuk beristirahat. Biasanya, si Kecil akan kembali tidur dalam beberapa menit tanpa bantuan. Jika Ibu merasa khawatir, Ibu bisa mengawasi si Kecil dari jarak jauh tanpa perlu melakukan apapun, cukup menunggu hingga ia tertidur kembali.

2. Menciptakan Rutinitas Sebelum Tidur

sleep training bayi
sumber gambar: freepik/artfolio

Tips sleeping training lainnya adalah membuat rutinitas sebelum tidur bersama si Kecil. Seperti membacakannya buku, menyanyikannya lagu kesukaan, meninabobokan si Kecil.

Rutinitas yang diciptakan dan diulang oleh Ibu dan Ayah akan membuat si Kecil mengingat bahwa rutinitas tersebut pertanda sebelum ia tidur. Yuk, Ibu bisa mencoba ciptakan pola ini agar membuat si Kecil mudah tertidur.

3. Waktu yang Tepat untuk Sleep Training

sleep training bayi
Sumber gambar: freepik

Sebenarnya waktu yang tepat untuk menerapkan sleep training adalah ketika Ibu dan Ayah melihat si Kecil sudah terlihat sudah cukup nyaman. Namun ada beberapa waktu yang tidak dianjurkan untuk sleep training, contohnya saat pergantian pengasuh baru, saat si Kecil sedang tumbuh gigi, atau saat si Kecil masih beradaptasi dengan ruang tidur baru.

Sebaiknya, perhatikan juga keluangan waktu Ibu dan Ayah. Ibu dan Ayah bisa melakukan tips sleeping training pemula saat akhir pekan. Di mana memiliki waktu luang dan istirahat yang lebih banyak.

4. Berikan Ruang yang Aman dan Nyaman

sleep training bayi
sumber gambar: freepik/saulich

Sebelum mengaplikasikan tips sleeping training pemula. Pastikan si Kecil sudah memiliki ruang tidur yang nyaman dan aman. Caranya bisa dari mengatur suhu ruangan dan pencahayaan yang membuat si Kecil bisa tidur lebih cepat.

Baca Juga: 4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi Usia 1- 3 Bulan

5. Metode Sleep Training

sleep training bayi
sumber gambar: freepik/javi_indy

Ada berbagai macam metode sleep training yang bisa dicoba, mulai dari cry it out hingga fade it out. Metode-metode itu bisa Ibu dan Ayah baca di sumber yang terpercaya atau sesuai saran tenaga profesional. 

Dalam memilih metode sleep training agar tips sleep training berhasil, dibutuhkan pemahaman yang sama antara Ibu dan Ayah. Ibu dan Ayah bisa mencoba satu metode terlebih dahulu dalam seminggu untuk diterapkan dengan si Kecil, kalau tidak sesuai, coba dengan metode terlebih dahulu dalam seminggu untuk diterapkan ke si Kecil, jika tidak sesuai coba metode lain.

6. Pantang Menimang Bayi Saat Terbangun

sleep training bayi
sumber gambar: freepik/user18526052

Apapun jenis metode sleep training yang Ibu & Ayah sedang coba untuk si Kecil, jangan menimang si Kecil saat terbangun. Tujuan dari sleep training adalah membantu si Kecil agar bisa tidur mandiri, jadi hindari hal tersebut ya.

Seperti yang dituliskan juga oleh Kim West, dalam bukunya Good Night, Sleep Tight: The Sleep Lady’s Gentle to Helping Your Baby Go To Sleep, bahwa sebaiknya Ibu & Ayah memberhentikan kebiasaan menimang dan mengayunkan si Kecil ketika terbangun. Hal tersebut membuat si Kecil jadi cenderung mencari Ibu untuk menimangnya ketika terbangun.

7. Konsisten Adalah Kunci 

sleep training bayi
sumber gambar: freepik/hryshchyshen

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh Ibu dan Ayah saat menerapkan sleep training adalah adalah ketidakkonsistenan. Dalam melakukan tips sleeping training bagi pemula yang terpenting adalah secara berkala memeriksa keadaan si Kecil. Jika ia dalam kondisi baik, maka sebaiknya tetap melanjutkan sleep training yang sudah dicoba sebelumnya. 

Jika Ibu dan Ayah bertemu momen di tengah-tengah sleep training si Kecil sakit atau sedang bepergian. Disarankan agar segera melanjutkan sleep training setelah si Kecil pulih atau kembali dari bepergian. Hal ini akan membantu si Kecil, tetap terbiasa dengan pola tidurnya saat melakukan sleep training.

Nah, hal lain yang perlu dilakukan memperhatikan kenyamanan si Kecil saat sleep training. Salah satunya adalah menggunakan popok yang memiliki daya serap tinggi, sehingga si Kecil tidak mudah rewel. Seperti Baby Happy Body Fit Pants, dengan inovasi air through technology membuat permukaan teratas popok yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi menjadi lembut dan empuk seperti kapas serta memiliki daya serap ekstra hingga 70%. Dijamin si Kecil akan nyaman sepanjang malam.

Itu dia 7 tips sukses melakukan sleep training bayi. Sebelum melakukan tips ini, pastikan anak sudah siap untuk melakukan sleep training ini ya.

Beri Kenyamanan Si Kecil, Belanja Baby Happy Diapers Di Sini

Sumber informasi: babyhappydiapers.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here