4 Tips Mudik Lebaran Bersama Anak
Sumber gambar : freepik

Siapa yang sudah tidak sabar untuk mudik ke kampung halaman? Tradisi ini memang sudah jadi kebiasaan masyarakat Indonesia, pada hari-hari perayaan besar dan musim liburan panjang. 

Ada yang menempuh perjalanan dengan transportasi umum darat, laut maupun udara atau yang menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan yang cukup jauh tidak jarang membuat tidak enak badan, mual, dan pusing selama perjalananan. 

Terlebih buat kamu yang sudah berkeluarga, pasti mengutamakan kenyamanan anggota keluarga khususnya anak-anak. Itu sebabnya, Ayah Bunda bisa simak beberapa tips mudik membawa anak berikut ini.

Cek Kesehatan Anak Terlebih Dahulu

Sumber gambar : freepik

Sebelum bepergian ada baiknya memeriksakan kesehatan anak terlebih dahulu. Hal ini agar kita sebagai orang tua mengetahui, apakah kondisi anak memungkinkan untuk diajak mudik apalagi untuk waktu yang lama dan jarak yang jauh.

Sama halnya dengan orang dewasa, ketika sakit anak mudah merasa tidak nyaman dan mudah rewel. Itu sebabnya menjaga kesehatan anak dan memeriksakannya adalah hal terpenting yang harus dilakukan.

Membawa Mainan Kesukaan Anak

4 Tips Mudik Lebaran Bersama Anak
Sumber gambar : freepik/shangarey

Ketika memilih menggunakan transportasi umum, itu berarti sebagai orang tua kita perlu juga menjaga kenyamanan penumpang lainnya. Salah satunya dengan tidak membiarkan anak berkeliaran atau menimbulkan suara yang berisik.

Nah salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membawa buku ataupun mainan yang disukai anak agar ia tetap tenang selama perjalanan. Sesekali jika ia merasa bosan, ajak interaksi dengan Ayah Bunda agar mereka tetap merasa nyaman.

Mempersiapkan Perlengkapan Anak

4 Tips Mudik Lebaran Bersama Anak
Sumber gambar : freepik/valeria_aksakova

Perlengkapan seperti baju, popok, botol susu, makanan, baju ganti, obat-obatan, vitamin dan lain sebagainya. Perlu untuk kamu pisahkan dan beri label nama agar tidak tertukar dengan barang-barang lainnya.

Satu lagi yang bisa sobat coba lakukan adalah menyediakan camilan yang disukai oleh anak. Ini bisa jadi solusi kalau anak merasa bosan atau merasa lapar namun tidak bisa berhenti untuk membeli makanan.

Istirahat Ketika Anak Merasa Lelah 

Sama halnya seperti orang dewasa yang bisa merasa lelah, anak juga bisa merasakannya. Itu sebabnya ketika anak merasa lelah, berhenti sejenak sebelum melanjutkan perjalanan bisa jadi pilihan.

Jika menggunakan jalur darat dengan jarak yang jauh, kamu bisa berhenti di rest area atau menginap di hotel sejenak. Berbeda dengan jalur udara, laut atau transportasi umum kamu bisa coba tidurkan anak dengan posisi yang nyaman bagi mereka.

Nah bagaimana sobat? Tips ini bisa jadi pertimbangan dan persiapan kamu sebelum pergi mudik sambil membawa si kecil di tahun ini. 

4 Tips Mudik Lebaran Bersama Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here