alat cukur
sumber gambar: freepik

Kunci dari alat cukur yang awet adalah perawatan yang tepat, nah buat kamu yang rutin bercukur. Wajib tahu cara merawat alat cukur yang satu ini agar alat cukur tetap awet.


Meskipun digunakan dengan hati-hati, pisau cukur secara bertahap akan menunjukan kekurangan. Itu mengapa, menjaga pisau cukur tetap bersih penting untuk menghindari hasil cukur yang buruk. 

Salah satu contohnya adalah performa luar biasa dari pisau cukur Gillette yang bergantung pada geometri posisinya. Contohnya ukuran dan bentuk mata pisau dipasang di kepala, cara gagang pisau cukur dihubungkan ke kepala pisau dan gagang pisau cukur yang terhubung ke kepala dengan mekanisme rotasi.

Anjuran dan larangan dalam merawat alat cukur 

Bahkan jika kamu berniat membersihkan pisau cukur dengan baik, kamu bisa saja secara tidak sengaja merusak pisau cukur dan memperpendek umur pisaunya. Umumnya dua kesalahan ini sering terjadi.

1. Memukulkan kepala silet ke wastafel

alat cukur
sumber gambar: freepik

Membenturkan alat cukur ke tepi bak cuci dapat menyebabkan kerusakan serius pada bagian yang dirancang secara presisi.

Baca Juga: 5 Tips Mencukur Untuk Kulit Rawan Berjerawat

2. Menggunakan handuk untuk menyeka alat cukur

alat cukur
sumber gambar: freepik

Beberapa orang berpikir bahwa melakukan hal ini dapat mengeringkan mata pisau cukur dan memperpanjang masa pakainya, namun hal tersebut kemungkinan besar akan merusak mata pisau dan mengurangi efisiensi pencukuran. Sebagai gantinya, kamu cukup membiarkan mata pisaunya mengering secara alami.

Setiap elemen silet Gillette ditempatkan secara tepat pada sudut tertentu, dengan jarak terukur untuk menciptakan pencukuran yang rapat dan nyaman. Kebiasaan membersihkan yang buruk ini dapat mempengaruhi desain geometris ini.

Cara merawat dengan benar dan tipsnya

  • Setiap beberapa kali penggunaan, pegang silet di bawah air mengalir dan biarkan air mengalir dari belakang ke depan silet untuk menghilangkan rambut dan kotoran lain yang menyumbat ujung tajam.
  • Hilangkan juga kelembaban berlebih agar pisau tetap cukur
  • Tempatkan alat cukur dengan aman. Jika alat cukur dilengkapi dengan kartrid, kamu dapat memasukkannya ke dalam katrid

Jika tidak ingin membuang-buang air, kamu juga bisa membersihkan silet dengan cara mengisinya dengan air dalam wadah atau cangkir seng dan mengaduk silet di dalamnya.

Jika kamu menggunakan pisau cukur dengan kepala poros depan (seperti Gillette Fusion) membilas pisaunya cukup sederhana. Karena produk-produk Gillette memiliki fitur struktur terbuka Gillette yang memungkinkan air mengalir lebih mudah ke bilah pisau untuk dibersihkan.

Kamu harus menjadikan perawatan pisau cukur dan kebiasaan membersihkan yang baik sebagai bagian dari rutinitas bercukur harianmu. Membersihkan pisau cukur dengan benar akan membantu kinerja pisau cukur menjadi lebih baik dan bertahan lama.

alat cukur
periode promo berlangsung 20 September – 20 November 2023

Dapatkan Hasil Cukur Maksimal Bersama Gillette 

Sumber informasi: gillette.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here