cara merawat kuku
sumber gambar: freepik/valuavitaly

Kuku yang sehat dan cantik bisa membuat tangan terlihat menarik. Ini dia beberapa cara merawat kuku yang bisa kamu coba agar kuku lebih sehat.


Merawat kuku sama pentingnya seperti merawat anggota tubuh lainnya. Karena kuku yang kotor dan tidak terawat, dapat menjadi tempat berkembangnya berbagai bakteri dan jamur. Oleh karena itu, merawat kuku dengan baik sangat penting untuk menjaga kesehatannya. 

Masih bingung cara merawat kuku yang baik dan benar? Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kuku agar tetap bersih dan sehat.

1. Membersihkan kuku secara rutin

cara merawat kuku
sumber gambar: freepik

Langkah pertama dalam merawat kuku adalah membersihkan kuku secara rutin. gunakan lah sikat khusus kuku untuk membersihkan yang bisa saja menumpuk di bagian bawah kuku. 

Tapi ingat, bersihkan kuku dengan agar tidak merusak kutikula atau bahkan kuku itu sendiri. Jika kurang bisa, kamu bisa melakukan perawatan kuku di tempat yang terpercaya.

2. Potong kuku dengan benar

cara merawat kuku
sumber gambar: freepik/Sorapop

Selanjutnya potong kuku secara teratur dan benar, gunakan pemotong kuku yang sesuai dan tajam. Hindari, memotong kuku terlalu pendek atau terlalu dekat dengan kulit jari. Hal ini bisa berbahaya karena bisa saja menyebabkan iritasi dan infeksi.

3. Hindari sebabkan trauma pada kuku

cara merawat kuku
sumber gambar: freepik/Racool_studio

Jangan menggunakan kuku untuk kegiatan keras yang dapat menyebabkan trauma pada kuku. Contohnya seperti mengetuk-ngetukan atau menggores kuku secara keras. Kuku yang rusak dapat menjadi tempat yang ideal bagi bakteri atau jamur untuk berkembang biak.

4. Rutin melakukan perawatan kuku

cara merawat kuku
sumber gambar: freepik

Perawatan kuku yang dilakukan secara rutin adalah kunci untuk mendapatkan kuku yang sehat dan terawat. Mulai dari, menjaga kebersihan kuku, menggunakan pelembab khusus, memotong kuku dengan benar menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan.

5. Konsumsi makanan sehat

cara merawat kuku
sumber gambar: freepik/rawpixel.com

Tidak hanya perawatan dari luar, merawat kuku dari dalam juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatannya. Asupan nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan kuku, contohnya mengkonsumsi makan yang kaya akan protein seperti sayuran dan buah-buahan. 

6. Hindari pemakaian berlebihan cat kuku 

cara merawat kuku
sumber gambar: freepik/devmaryna

Memakai cat kuku yang keras atau kuteks yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Sehingga kamu memberikan kuku waktu istirahat sesekali, selain itu pastikan menggunakan pelapis kuku yang bagus sebelum mengaplikasikan warna.

7. Rutin cek kesehatan kuku

cara merawat kuku
sumber gambar: freepik

Tidak ada salahnya melakukan cek kesehatan kuku secara rutin, untuk memastikan tidak ada perubahan yang aneh seperti bercak, garis, atau perubahan warna. Jika terlihat ada yang mencurigakan segera konsultasikan ke dokter.

Itu dia, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan kuku agar tetap terawat. Tidak hanya kecantikan kuku, tapi kecantikan wajah juga perlu jadi perhatian agar lebih tampil percaya diri.

cara merawat kuku
Periode promo berlangsung dari 01 November – 15 November 2023

Cantik Tetap Hemat Bareng Klik Indomaret 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here