male muslim travel by public bus during pandemic wearing mask

Siapa yang tahun ini akan pergi mudik? Pasti excited banget ya sobat setelah hampir dua tahun pandemi kita masih was-was untuk pergi ke kampung halaman. Saat ini, ketika keadaan mulai membaik Mudik Lebaran sudah diperbolehkan namun tetap dengan pengawasan yang tepat.

Nah sobat untuk kamu yang sering mudik dengan transportasi umum, pastinya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar mudik tetap lancar, apalagi masih di suasana rawan virus seperti sekarang.

Yuk coba lihat beberapa tips dengan transportasi umum berikut yang bisa kamu coba agar mudik tahun ini tetap aman dan nyaman.

Beli Tiket Transportasi Dari Jauh Hari

Sumber gambar: Freepik

Tidak hanya kamu, banyak orang yang juga ingin mudik ke kampung halaman di berbagai daerah. Membeli tiket transportasi dari jauh hari akan menghindari kamu dari kehabisan tiket.

Pastikan kamu sudah menentukan, jadwal cuti yang sudah pasti dan berapa jumlah orang yang akan ikut mudik. Hal ini agar kamu dapat memperhitungkan pengeluaran yang dibutuhkan untuk transportasi.

Jaga Protokol Kesehatan Selama Di Perjalanan

Beautiful Asian woman wearing medical mask to prevent infection from corona
virus. Social distance in public place. Seating regulations in airport area. New normal lifestyle, Health care concept.

Sumber gambar: opatsuvi-freepik.com

Satu hal yang terpenting saat mudik dengan transportasi umum adalah menjaga protokol kesehatan sebaik mungkin. Pastikan kamu menggunakan masker, menjaga jarak, membawa hand sanitizer atau disinfektan sendiri dan perlengkapan kesehatan lainnya. 

Persiapkan Barang Bawaan Lengkap

muslim couple with suitcase and backpack. family travelling eid mubga,arak mudik tradition

Sumber gambar: odua-freepik.com

Dari jauh hari kamu sudah perlu nih melengkapi apa saja yang perlu dibawa. Bisa didaftar apa saja keperluan yang wajib dibawa dan tidak.

Hal ini penting karena beberapa transportasi seperti pesawat, kereta dan lainnya biasa menggunakan sistem bagasi yang terbatas. Muatan barang bawaan kamu akan dijatah dan jika melebihi batas akan dikenakan biaya tambahan.

Membawa Obat-Obatan Serta Perawatan Diri Sendiri

Sumber gambar: freepik

Barang yang tidak boleh ketinggalan adalah obat-obatan dan perawatan diri milik pribadi. Jika kamu memiliki obat yang perlu dikonsumsi, masukan terlebih dahulu ke tempat tersendiri agar tidak tercampur dengan barang lain.

Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Asing

two young women chatting with hand gesture against the window background while sitting on the bus

Sumber gambar: odua-freepik.com

Berhati-hati selama di perjalanan saat mudik dengan transportasi umum sobat perlukan. Seperti waspada dengan orang asing yang baru kamu temui, karena tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja.

Ada baiknya, ketika mudik pergi bersama keluarga, saudara atau teman yang dapat dipercaya.

Itu dia beberapa tips mudik Lebaran menggunakan transportasi umum yang bisa kamu simak. Selain tips diatas, masih banyak tips bermanfaat lainnya yang bisa kamu praktekkan.

Kalau kalian sendiri? Sering mudik dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi?

Beli Tiket Mudik mu Sekarang Di Klik Indomaret

Sumber gambar utama: odua-freepik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here