bekal sekolah
Sumber gambar : freepik/odua

Membiasakan anak membawa bekal saat sekolah ternyata dapat memberikan banyak manfaat loh. Ini penjelasan selengkapnya mengenai manfaat membawa bekal sekolah untuk anak.


Mengajarkan anak untuk membawa bekal sekolah adalah salah satu langkah positif. Pasalnya praktik sederhana ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi anak mulai dari membentuk pola pikir hingga perilaku hidup sehat.

Membawa bekal ke sekolah untuk anak selain lebih sehat ternyata dapat memberikan manfaat lain. Apa saja manfaat membawa bekal ke sekolah untuk anak? Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Lebih Sehat

bekal sekolah
Sumber gambar : freepik/sewcream

Membawa bekal sekolah memungkinkan orang tua untuk mengontrol apa yang dimakan anak selama di sekolah. Dengan membawakan makanan sehat dan seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, makanan rendah lemak, dan tinggi protein, anak-anak akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Makanan yang tepat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, membantu mencegah penyakit, dan memastikan konsentrasi mereka tetap optimal selama proses belajar di sekolah.

Baca Juga : Inspirasi Menu Bekal Untuk Anak Saat Pergi Sekolah

2. Hemat Uang Jajan

bekal sekolah
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Membawa bekal dari rumah lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli makanan di luar. Memang, biaya makanan yang dibeli di kantin sekolah atau di luar bisa lebih murah atau lebih mahal seiring berjalannya waktu. Dengan membawa bekal, orang tua dapat mengontrol anggaran makanan anak dan memastikan bahwa uang yang dihabiskan untuk makanan bermanfaat secara nutrisi.

3. Kebiasaan Makan yang Baik

bekal sekolah
Sumber gambar : freepik

Kebiasaan makan yang baik diajarkan dari usia dini akan berlanjut hingga masa dewasa. Membawa bekal sekolah membantu anak-anak untuk belajar mengatur pola makan dan menghindari makanan cepat saji atau camilan yang kurang sehat.

Hal ini dapat membantu mencegah kebiasaan makan yang buruk, seperti konsumsi berlebihan gula dan makanan berlemak tinggi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

4. Makanan Lebih Bervariasi

bekal sekolah
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Ketika membawa bekal, anak-anak memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai macam makanan. Orang tua dapat mengintroduksi makanan baru dalam bekal anak, yang mungkin tidak tersedia di kantin sekolah. Membiasakan anak dengan variasi makanan sehat dapat mendorong selera makan dan membuat anak lebih terbuka terhadap makanan baru di masa depan.

5. Mengontrol Alergi

bekal sekolah
Sumber gambar : freepik/kwanchaichaiudom

Beberapa anak mungkin memiliki alergi makanan, seperti vegetarian atau bebas gluten. Dengan membawa bekal, orang tua dapat memastikan bahwa makanan yang dibawa sesuai dengan kebutuhan khusus anak. Ini juga membantu mencegah risiko anak mengonsumsi makanan yang bisa berbahaya bagi kesehatan mereka.

Baca Juga : Rekomendasi Cemilan Sehat Untuk Anak

6. Mendorong Kemandirian

bekal sekolah
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Membawa bekal sekolah juga mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan kemandirian. Mereka diajak untuk membantu memilih dan menyiapkan makanan mereka sendiri, sehingga belajar nilai-nilai tanggung jawab dan kebersihan dalam menjaga makanan mereka.

7. Berbagi dengan Teman

bekal sekolah
Sumber gambar : freepik/odua

Membawa bekal sekolah juga memberikan kesempatan untuk berbagi dengan teman-teman di sekolah. Aktivitas ini dapat mempererat persahabatan dan meningkatkan rasa kebersamaan di antara teman sekelas.

Itu dia beberapa manfaat membawa bekal sekolah untuk anak yang bisa orang tua biasakan sejak dini. Usahakan membawakan bekal sekolah anak yang kaya gizi dan sesuai porsi tentunya. Pilihlah makanan seimbang 4 sehat 5 sempurna untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Bingung untuk memilih makanan dengan gizi seimbang? Tenang, kamu bisa membeli makanan sehat di Klik Indomaret karena pilihan produknya banyak, berlimpah diskonnya, dan gratis ongkir pula. Jadi tunggu apalagi, ayo belanja di Klik Indomaret sekarang.

Beli Bahan Makanan Untuk Bekal Anak di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here