jenis coklat
sumber gambar: freepik/freedomnaruk

Jangan ngaku penggemar coklat kalau belum tahu jenis-jenis coklat ada apa saja. Yuk kenalan dengan jenis coklat berikut ini.


Coklat menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Rasanya yang manis, lembut, dan enak tidak hanya punya satu macam tapi punya berbagai jenis. 

Rasanya yang manis, lembut, dan menggoda selalu berhasil memikat banyak orang. Tidak hanya enak, coklat juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan bijak. 

Di balik kenikmatannya, coklat memiliki beragam varian diantaranya beberapa jenis coklat berikut ini. 

1. Coklat Susu

jenis coklat
sumber gambar: freepik/topntp26

Coklat susu adalah jenis coklat yang paling umum dan dikenal. Coklat yang satu ini terbuat dari campuran biji kakao, gula, dan sudah pasti susu.

Ciri khas dari coklat susu ini adalah warnanya yang cenderung coklat terang, rasanya juga cenderung manis dengan tekstur yang lembut. 

2. Coklat Hitam (Dark Chocolate)

jenis coklat
sumber gambar: freepik/nndanko

Buat kamu yang kurang suka dengan rasa manis, pilihan coklat yang satu ini bisa jadi alternatifnya. Coklat hitam atau dark chocolate punya tingkat kemanisan yang lebih rendah, dibandingkan dengan jenis lainnya.

Itu karena, coklat hitam dibuat dengan kandungan biji kakao yang lebih tinggi dan sedikit ataupun tanpa tambahan susu. Ini lah yang menyebabkan, coklat hitam punya rasa pahit yang khas tapi tetap enak saat dikonsumsi.

3. Coklat Putih (White Coklat)

jenis coklat
sumber gambar: freepik/chandlervid85

Meski disebut sebagai coklat, coklat putih sebenarnya tidak mengandung biji kakao seperti jenis lainnya. Coklat putih dibuat dari mentega kakao, gula, dan susu sehingga memiliki warna putih yang khas.

Coklat putih punya rasa yang manis, lembut, dan juga krimi sehingga sering digunakan sebagai hiasan kue, permen, ataupun tambahan pada hidang penutup.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Coklat Batang di bawah 20 Ribu

4. Coklat Bubuk (Cocoa Powder)

jenis coklat
sumber gambar: freepik

Bagi kamu yang sering membuat kue, pasti tidak asing dengan coklat yang satu ini. Coklat bubuk atau cocoa powder biasanya digunakan sebagai bahan tambahan kue.

Coklat ini berbentuk bubuk dan terbuat dari biji cocoa yang dikeringkan. Sehingga tidak heran rasanya cenderung asam dan tidak memiliki rasa manis.

Nah itu dia beberapa diantara jenis coklat yang ada dan mungkin sering kamu lihat. Sebenarnya masih banyak jenis lainnya, pastinya dengan tekstur, rasa, dan kegunaaan yang berbeda-beda juga.

jenis coklat
Periode berlangsung 1 Januari – 31 Desember 2023

Semua Bisa Bikin Kue! Belanja Bahannya Di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here