Chili Paste in small ceramic bowl

Chili oil jadi salah satu bumbu yang lezat tapi banyak yang tidak tahu cara membuatnya. Ini dia resep chili oil yang bisa kamu coba di rumah.


Bagi kamu pecinta sambal pasti tidak asing dengan chili oil atau minyak cabai. Chili oil jadi salah satu bumbu yang populer dalam masakan Asia, terutama Asia Timur. Nah buat level up rasa masakanmu, resep chili oil dari Sasa bisa kamu coba.

Selain memberikan rasa pedas yang khas, chili oil juga memberikan aroma dan kelezatan khas pada hidangan favoritmu. Chili oil terbuat dari cabai kering dan rempah-rempah lainnya yang direndam di dalam minyak sayur sampai warnanya merah kecoklatan.

Proses memasaknya memang cukup sulit, mengingat diperlukannya cabai kering yang berkualitas. Tapi, membuat dan menyimpan chili oil sendiri adalah cara yang bagus untuk memastikan kualitas dan kesegarannya.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat dan menyimpan chili oil yang dapat bertahan hingga 2 bulan.

Resep Chili Oil sederhana

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Cabe merah kering (gunakan cabai merah kering utuh atau yang sudah dihaluskan)
  2. Minyak nabati (sebaiknya gunakan minyak kedelai atau minyak wijen)
  3. Bawang putih (haluskan untuk menambah aroma lezat pada chili oil)
  4. Bumbu tambahan (opsional): Kamu bisa menambahkan bumbu tambahan seperti lada, ketumbar, atau daun bawang sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan Sasa MSG agar chili oil terasa gurih

Cara membuat dan menyimpan:

1. Persiapan Cabai Merah

resep chili oil
sumber gambar: freepik/evening_tao

Kalau kamu menggunakan cabai merah kering utuh, rendam cabai dalam air panas selama 15 – 20 menit untuk mengencangkan tekstur dan mengurangi keasaman. 

Jika ingin yang praktis, kamu juga bisa menggunakan cabe merah kering yang sudah dihaluskan, jadi kamu bisa langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Menggoreng Bawang Putih

resep chili oil
sumber gambar: freepik/pixel-shot.com

Saat proses menggoreng bawang putih, panaskan sedikit minyak dalam wajan kecil. Selanjutnya, tumis bawang putih hingga harum dan agak kecoklatan. 

Tapi ingat, jangan biarkan bawang putih terlalu lama dalam minyak panas ya. Karena bisa saja gosong dan memberikan rasa yang pahit pada chili oil nantinya.

3. Menggoreng Cabai

resep chili oil
sumber gambar: freepik/ikarahma

Nah, saatnya masuk ke proses pembuatan sambal. Pertama, panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil hingga cukup panas. Lalu tambahkan cabai merah kering, tumisan bawang putih dan tambahan bumbu lainnya (opsional) ke dalam minyak. 

Jangan lupa untuk diaduk secara teratur untuk cabai dan bumbu-bumbu tercampur merata. Setelah itu, lanjutkan menggoreng cabai selama sekitar 5 – 10 menit hingga cabai terlihat lebih gelap dan aroma cabai terlepas ke dalam minyak. 

Eitss, sekali lagi ingat untuk tidak memanaskan minyak terlalu panas. Karena minyak yang terlalu panas akan membuat bahan-bahan yang dimasukan menjadi cepat gosong dan bisa mengubah rasa serta aroma pada chili oil.

Baca Juga: Pecinta Pedas? Coba 4 Jenis Sambal Khas Berbagai Daerah Ini

4. Pendinginan dan Penyimpanan

resep chili oil
sumber gambar: freepik/larisailina

Ini dia salah satu hal penting lainnya: Proses penyimpanan! Setelah kamu menggoreng cabai dengan baik dan benar, matikan api dan biarkan cabai dan minyak mendingin sepenuhnya di dalam wajan.

Nanti setelah cabai dan minyak benar-benar dingin, saring dengan saringan halus untuk memisahkan cabai dan bumbu dari minyak. Di proses ini lah baru kamu mendapatkan chili oil dan hasil menggoreng cabai tadi.

Tuangkan chili oil yang sudah disaring ke dalam botol kaca steril yang kedap udara. Jangan lupa untuk pastikan botol kaca yang steril dan kedap udara. 

Jangan lupa pastikan botol steril dan kering sebelum digunakan ya, setelah itu simpan chili oil di tempat yang sejuk dan kering. Seperti dalam lemari es atau ruang penyimpanan dengan suhu konstan. 

Chili oil yang disimpan dengan baik dapat bertahan hingga 2 bulan loh. Kamu juga bisa mencatat tanggal pembuatan chili oil untuk memastikan kesegarannya.

Tips tambahan:

  • Jaga kebersihan dan kekeringan saat membuat dan menyimpan chili oil. Pastikan semua peralatan yang digunakan benar-benar kering dan bersih untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan dan bisa mengkontaminasi chili oil.
  • Kalau kamu lebih suka chili oil yang lebih pedas, tambahkan cabai merah kering lebih banyak atau gunakan jenis cabai yang lebih pedas. Kamu bisa menyesuaikan chili oil sesuai selera mu dengan mengutak-atik jumlah cabai, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Nah setelah mengikuti tips dan langkah di atas, kamu pun bisa membuat dan menyimpan chili oil yang tahan hingga 2 bulan dengan kualitas dan kesegaran yang terjaga. 

Chili oil ini bisa kamu jadikan cocolan makanan lain seperti goreng-gorengan, siomay, dimsum, dan lainnya. Bisa juga jadi campuran mie, nasi goreng, atau pelengkap makanan lainnya. 

resep chili oil
Periode promo berlangsung dari 12 Juli – 25 Juli 2023

Coba Resepnya, Belanja Bahannya Di Klik Indomaret

Sumber: sasa.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here