Tips Rumah Aman Saat Mudik
Sumber gambar : freepik/odua

Saat mudik ke kampung halaman tentunya rumah akan ditinggalkan untuk beberapa hari. Supaya tetap tenang ini tips untuk memastikan rumah tetap aman saat mudik lebaran.


Meninggalkan rumah dalam kondisi kosong selama beberapa hari untuk mudik ke luar kota kadang membuat merasa tidak tenang. Apalagi kondisi rumah yang tidak ada penjaga tentunya rawan untuk didatangi pencuri ataupun hewan liar.

Sebenarnya untuk menjaga rumah tetap aman selama ditinggal mudik tidak sulit loh. Cukup perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum meninggalkan rumah.

1. Bersihkan Rumah Sebelum Pergi

Tips Rumah Aman Saat Mudik
Sumber gambar : freepik

Kondisi rumah yang bersih ketika ditinggal beberapa hari tentunya akan meminimalisir datangnya hewan liar. Bayangkan saja jika cucian piring dan sampah yang menumpuk tentunya akan mengundang kecoak, tikus dan hewan lainnya untuk masuk ke dalam rumah.

Selain itu ketika kondisi rumah yang bersih ini, ketika sudah pulang dari mudik Sobat tidak perlu memusingkan dengan kondisi rumah yang berantakan.

Baca Juga : Tips Mudik Membawa Bayi Dengan Mobil Pribadi

2. Mematikan Saluran Air, Gas, dan Listrik Yang Tidak Diperlukan

Tips Rumah Aman Saat Mudik
Sumber gambar : freepik

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk mencabut alat elektronik yang tidak perlu seperti televisi, komputer, kompor, oven, dan lainnya. Jadi Sobat tidak perlu khawatir konslet atau lonjakan tagihan listrik yang membengkak.

Tidak hanya itu, pastikan juga untuk menutup saluran air, dan gas dengan rapat.

3. Simpan Dokumen Penting Dengan Aman

Tips Rumah Aman Saat Mudik
Sumber gambar : freepik/makistock

Saat mudik lebaran tentunya tidak perlu untuk membawa dokumen penting seperti surat tanah, akta, poli asuransi dan lainnya. Jadi penting untuk menyimpannya di tempat yang aman. Sobat bisa gunakan brankas anti air dan api dengan ukuran yang besar supaya bisa menyimpan berbagai barang penting.

4. Periksa Jendela dan Pintu

Tips Rumah Aman Saat Mudik
Sumber gambar : freepik/ruslan_ivantsov

Perhatikan semua jendela, pintu, dan ventilasi udara di rumah sudah tertutup dan terkunci. Hindari untuk menyimpan kunci cadangan di bawah pot bunga ataupun karpet. Karena tempat penyimpanan ini cukup mudah ditemukan oleh pencuri.

Supaya lebih aman, Sobat bisa memasang teralis atau besi tambahan sebagai pengaman jendela dan ventilasi rumah supaya lebih aman.

Baca Juga : Hal Yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi

5. Gunakan CCTV

Tips Rumah Aman Saat Mudik
Sumber gambar : freepik

Gunakan CCTV di berbagai titik untuk memantau kondisi rumah. Pasanglah CCTV pada beberapa titik strategis di rumah seperti halaman depan, ruang tengah, halam belakang dan lainnya.

Pilihlah CCTV yang dapat tersambung pada aplikasi jarak jauh dan dilengkapi alarm ketika menangkap gerakan mencurigakan. Hal ini akan membantumu untuk menemukan pencuri yang masuk ke rumah dan bisa langsung meminta bantuan petugas setempat.

Namun, pastikan token dan tagihan listrik di rumah aman ya Sobat. Supaya CCTV tetap dapat beroperasi dengan baik. Jangan lupa isi token dan bayar tagihan listrik di Klik Indomaret, pas banget ada promo potongan harga loh.

Tips Rumah Aman Saat Mudik
Periode promo hingga 30 April 2023

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memastikan rumah tetap aman saat ditinggal mudik ke luar kota. Yuk pastikan rumah selalu aman supaya mudik lebaran di kampung halaman tetap tenang dan lancar.

Beli Token dan Bayar Tagihan Listrik di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here