perlengkapan mudik motor
Sumber gambar : freepik/odua

Mudik Lebaran tidak hanya menggunakan transportasi umum dan mobil pribadi, motor juga menjadi salah satu kendaraan yang digunakan untuk mudik. Jangan lupa persiapkan beberapa perlengkapan untuk mudik dengan motor berikut ini.


Motor dinilai lebih cepat dan praktis terlebih jika berkendara hanya sendirian. Namun, berbeda dengan mobil yang memang dirancang untuk perjalanan jauh, jika mudik dengan motor tidak terlalu direkomendasikan untuk perjalanan jauh. 

Baca Juga : Tips Memastikan Rumah Aman Saat Mudik Lebaran

Namun jika memang mengharuskan untuk mudik dengan menggunakan sepeda motor maka perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan mudik.

Lantas apa saja perlengkapan yang perlu dipersiapkan? Baca informasi selengkapnya berikut ini.

1. Helm SNI

perlengkapan mudik motor
Sumber gambar : freepik/odua

Helm merupakan perlengkapan wajib saat mengendarai motor. Benda ini akan melindungi diri terutama bagian kepala ketika terjadi benturan. Selain itu helm juga melindungi mata dari debu dan kerikil saat berkendara.

Pilih helm yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pastikan nyaman ketika dipakai. Jangan gunakan helm yang terlalu kecil maupun terlalu longgar.

2. Sarung Tangan

perlengkapan mudik motor
Sumber gambar : freepik/odua

Selain helm, sarung tangan juga penting untuk melindungi dari sengatan matahari dan mencegah agar tidak licin ketika memegang stang motor dalam waktu lama. 

Sebaiknya gunakan sarung tangan full finger dengan bantalan khusus supaya lebih nyaman saat berkendara. 

Baca Juga : Hal Yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi

3. Masker

perlengkapan mudik motor
Sumber gambar : freepik/leocerz

Selama di perjalanan tentunya akan banyak debu dan asap kendaraan lain. Oleh karena itu untuk melindungi pernapasan bisa menggunakan masker khusus untuk pengendara motor. Sobat bisa gunakan masker yang dilengkapi dengan neoprene dan filter N95 untuk menyaring partikel kecil seperti debu, asap, dan bakteri. Bawalah lebih dari satu masker untuk cadangan selama perjalanan.

4. Jas Hujan

perlengkapan mudik motor
Sumber gambar : freepik/antonmaster

Meskipun akhir-akhir ini tidak hujan tetapi cuaca tidak bisa diprediksi. Jika terjadi hujan ini akan merepotkan bagi pengendara sepeda motor. Jadi selalu sedia jas hujan supaya tidak kehujanan selama di perjalanan. Pilih jas hujan yang anti air dan nyaman ketika digunakan.

5. Obat-obatan

perlengkapan mudik motor
Sumber gambar : freepik/8photo

Obat-obatan ini diperlukan jika sewaktu-waktu Sobat sakit ketika sedang mengendarai motor. Siapkan obat luar seperti obat merah, perban, dan lainnya. Selain itu penting juga untuk menyiapkan obat lain terlebih jika Sobat memiliki penyakit bawaan seperti obat maag, asma, dan lainnya.

Itu dia beberapa perlengkapan yang wajib dibawa saat mudik dengan motor. Selain menyediakan perlengkapan wajib tersebut Sobat juga perlu untuk memeriksa kesiapan kendaraan sebelum digunakan mudik supaya tidak rusak di perjalanan.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan sebelum pergi mudik. Makan makanan yang bergizi tinggi dan minum suplemen kesehatan untuk menjaga kesehatanmu. Belanja suplemen dan vitamin kesehatan bisa dari rumah dengan mudah di Klik Indomaret loh. Satu jam saja pesanan sudah sampai, banyak promo dan gratis ongkir juga. Tunggu apalagi, ayo belanja sekarang!

perlengkapan mudik motor
Periode promo hingga 25 April 2023

Belanja Suplemen dan Vitamin di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here