daging sapi
sumber gambar: freepik/stockking

Daging sapi menjadi salah satu primadona makanan hampir di seluruh dunia. Namun tahukah kamu bahwa daging sapi dibagi menjadi beberapa jenis? Ini dia jenis-jenis yang perlu kamu tahu.


Daging sapi adalah salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bukan tanpa alasan, selain enak tentu memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Misalnya saja seperti protein, zat besi, dan nutrisi bermanfaat lainnya. Tidak hanya bermanfaat, pilihan jenisnya juga beragam sehingga kamu bisa memilih yang sesuai selera dengan cara memasak yang tepat.

Nah untuk tahu lebih jelasnya, yuk kenali beberapa jenis bagiannya berikut ini.

1. Sirloin

daging sapi
sumber gambar: freepik/user6170755

Bagian daging sapi dan berasal dari bagian pinggang sehingga memiliki kandungan lemak yang sedikit. Daging bagian sirloin atau has luar, daging ini memiliki tekstur yang lembut dan gurih karena lapisan lemak yang lunak dan meleleh saat terkena panas.

2. Tenderloin

daging sapi
sumber gambar: freepik/neilurs

Daging sapi has luar atau tenderloin juga diambil dari bagian pinggang, namun pada bagian yang lebih depan. Bagian ini, punya tekstur daging yang lembut dan kandungan lemak yang lebih rendah dibanding sirloin. 

Olahan yang biasanya paling banyak dari bagian tenderloin ini berupa olahan steak yang punya rasa enak.

Baca Juga: Rekomendasi Hidangan Berbahan Dasar Daging Sapi

3. Ribeye

daging sapi
sumber gambar: freepik/mdjaff

Sedangkan bagian rib eye pada daging sapi ini diambil dari bagian rusuk. Selain itu, bagian ini punya kadar lemak yang cukup tinggi. Lapisan lemak di dalamnya, membuat daging ini terasa gurih dan juicy.

Sehingga bagian ini cocok untuk dijadikan menu olahan, seperti sop iga, iga bakar, ataupun untuk rebusan kuah kaldu. 

4. Brisket

daging sapi
sumber gambar: freepik/ganzevayna1

Bagian ini, berasal dari bagian dada dan memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Bagian daging ini, lebih cocok diolah menjadi olahan daging berkuah, seperti soto ataupun sop.

5. Chuck

daging sapi
sumber gambar: freepik/underdome

Bagian chuck ini diambil dari bagian bahu sapi, dan memiliki kadar lemak yang lebih tinggi daripada sirloin dan tenderloin. Sehingga daging bagian chuck ini sering dijadikan olahan berbagai hidangan lezat, seperti gulai, sate, dan beef stew.

Itu dia berbagai jenis daging yang bisa sobat coba dan olah menjadi hidangan lezat. Tapi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi juga tidak baik bagi kesehatan jadi pastikan kamu konsumsi daging sesuai kebutuhan ya.

daging sapi
Periode promo berlangsung dari 10 – 12 Mei 2023

Sudah Tau Bedanya? Yuk Belanja Daging Sapi Di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here