mempersiapkan pernikahan
Sumber gambar : freepik/timeimage

Kamu ada rencana menikah dalam waktu dekat? Sudahkah mempersiapkan dengan matang? Ini dia beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah.


Pernikahan menjadi suatu momen spesial bagi setiap orang. Momen ini tentunya dilakukan secara sakral menurut agama maupun adat masing-masing. Dikarenakan momen ini dianggap sakral maka penting untuk mempersiapkannya secara matang agar proses pernikahan berjalan dengan lancar.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menikah? Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah:

1. Emosional

mempersiapkan pernikahan
Sumber gambar : freepik

Pernikahan membawa perubahan besar dalam hidup jadi penting untuk memastikan siap secara emosional. Terlebih pernikahan bukanlah sesuatu hubungan yang sederhana seperti pacaran. Banyak hal yang akan dihadapi ketika membangun pernikahan, mulai dari menjalani suka dan duka dengan pasangan, menghadapi hidup baru, dan merasakan hal-hal yang tidak terduga bersama pasangan.

Selain itu, setiap pasangan perlu untuk menyiapkan diri dari masalah yang akan dialami saat berumah tangga. Adanya kehidupan baru, pastinya ada masalah baru juga yang akan dihadapi. Jadi penting untuk memiliki kesiapan mental untuk mencari solusi bersama dari permasalah yang dihadapi di rumah tangga.

2. Finansial

mempersiapkan pernikahan
Sumber gambar : freepik/pressfoto

Selain kesiapan mental, kesiapan finansial juga sangat penting untuk membangun sebuah keluarga. Ketika akan menikah tentunya akan ada biaya-biaya yang dikeluarkan. Mulai dari biaya perayaan pernikahan, hingga tempat tinggal dan biaya kehidupan ketika sudah menjadi keluarga.

Karena menikah melibatkan tanggung jawab keuangan bersama sehingga penting untuk memiliki pemahaman jelas mengenai keuangan pribadi dan pasangan. Buatlah anggaran dan bicarakan tentang pengelolaan keuangan bersama.

Baca Juga : Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik dan Bermanfaat

3. Fisik/Kesehatan

mempersiapkan pernikahan
Sumber gambar : freepik

Sebelum melakukan pernikahan sebaiknya periksakan diri dan pasangan ke dokter untuk memastikan bahwa kondisi fisik baik. Jika ada riwayat penyakit atau masalah kesehatan tertentu segera bicarakan dengan calon pasangan supaya dapat didiskusikan bersama.

Pemeriksaan kesehatan ini juga dianjurkan oleh beberapa pemerintah daerah sebelum mendaftarkan pernikahannya. Pemerintah juga sudah menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi calon pasangan yang akan menikah di puskesmas. Namun, Sobat juga bisa melakukan pemeriksaan lengkap di rumah sakit juga.

4. Hubungan Keluarga

mempersiapkan pernikahan
Sumber gambar : freepik/user18755897

Pernikahan merupakan kegiatan yang akan menyatukan dua keluarga. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan restu keluarga dari kedua belah pihak. Jika restu keluarga sudah didapatkan maka setelah menikah tentu keluarga baru akan diperhatikan oleh kedua keluarga karena keduanya telah merestui.

Lain halnya jika pernikahan tidak direstui oleh keluarga maka akan merepotkan kedepannya. Terutama pada saat ada acara besar keluarga tentunya akan merasa sungkan dan tidak enak jika pernikahan jika tidak mendapat restu dari mereka.

5. Rencana Masa Depan

mempersiapkan pernikahan
Sumber gambar : freepik/timeimage

Sebelum melaksanakan pernikahan ada baiknya untuk membicarakan rencana masa depan dengan pasangan. Seperti rencana untuk memiliki anak, membeli rumah, hingga mencari pekerjaan yang lebih baik. Pastikan untuk mendapatkan kesepakatan bersama supaya pasangan memiliki visi dan rencana yang sama untuk masa depan bersama.

Menikah merupakan sebuah keputusan besar dalam hidup. Persiapan sebelum menikah juga sangat penting untuk memastikan diri sendiri dan pasangan siap menghadapi masa depan bersama. Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan secara matang dan dikomunikasikan dengan baik sebelum melaksanakan pernikahan supaya lebih tenang dan bahagia.

Nah supaya mempersiapkan pernikahan semakin lancar jangan lupa siapkan camilan ketika berdiskusi bersama keluarga. Belanja snack dan camilan di Klik Indomaret aja, karena banyak promonya, gratis ongkir, dan satu jam pesanan sudah sampai di rumah loh.

mempersiapkan pernikahan
Periode promo hingga 23 Mei 2023

Belanja Snack dan Camilan di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here