susu bahan kue
Sumber gambar : freepik/tonefotografia

Selain diminum langsung, susu juga bisa dijadikan bahan olahan kue loh. Ini dia rekomendasi susu yang cocok untuk dijadikan bahan kue.


Susu merupakan minuman penuh gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya dikonsumsi sehari-hari sebagai penunjang nutrisi harian, susu juga berperan sebagai bahan pembuatan makanan lainnya. Salah satunya dan sering digunakan yaitu kue atau cake.

Kue yang menggunakan susu sebagai salah satu bahan pembuatannya akan menambahkan rasa creamy dan tekstur yang lembut loh. Nah lalu apa saja jenis susu yang cocok untuk dijadikan bahan kue? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Susu Full Cream

susu bahan kue
Sumber gambar : freepik

Jenis susu yang satu ini memang sering dijumpai saat akan mengolah kue. Susu full cream termasuk dalam jenis susu yang cocok untuk digunakan dalam proses pembuatan kue.

Susu full cream merupakan susu tawar yang memiliki tekstur jauh lebih creamy dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Hal ini membuatnya cocok untuk bahan kue karena dapat menambahkan rasa dan tekstur creamy yang lezat.

2. Susu Bubuk

susu bahan kue
Sumber gambar : freepik/chandlervid85

Selain susu cair, susu bubuk juga sering digunakan untuk bahan pembuatan kue. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan susu cair pada umumnya. Namun, susu bubuk ini memiliki beberapa kelebihannya salah satunya dapat menentukan warna yang cantik pada adonan kue. Tidak hanya itu susu bubuk juga memberikan tekstur lembut pada adonan kue.

3. Susu Skim

susu bahan kue
Sumber gambar : freepik/jcomp

Selanjutnya ada susu skim, salah satu jenis susu dengan kadar lemak yang sudah dihilangkan. Susu ini kerap dikonsumsi untuk referensi diet karena kalorinya lebih rendah dibandingkan susu lainnya.

Selain dikonsumsi langsung susu ini juga kerap digunakan untuk tambahan adonan kue khususnya kue rendah lemak. Susu skim ini juga mampu mengurangi jumlah kalori dalam adonan sekaligus memberikan rasa creamy yang lezat pada kue.

4. Kental Manis

susu bahan kue
Sumber gambar : freepik/atlascompany

Susu kental manis atau yang sekarang dikenal sebagai kental manis ini menjadi pilihan yang kerap digunakan untuk membuat aneka kue. Biasanya kental manis ini digunakan karena punya rasa yang lebih legit dan tentunya manis, sehingga tidak perlu menggunakan gula tambahan terlalu banyak.

Biasanya kental manis cocok untuk dijadikan bahan sajian kue panggang supaya lebih lembut dan empuk. Tidak hanya itu, kental manis ini juga cocok untuk digunakan pada pembuatan aneka macam dessert supaya lebih enak.

Baca Juga : Perbedaan Susu UHT, Susu Evaporasi, dan Susu Kental Manis

5. Susu Evaporasi

susu bahan kue
Sumber gambar : freepik/graphicgrow

Terakhir ada susu evaporasi, susu ini memiliki tekstur yang mirip dengan susu kental manis. Namun, susu evaporasi ini tidak ada tambahan gula layaknya kental manis. Jadi lebih sehat dan cocok untuk kamu yang sedang diet juga.

Biasanya susu evaporasi ini digunakan untuk menggantikan krim. Namun, rasanya tidak terlalu berpengaruh jika dijadikan bahan kue jadi perlu ditambahkan susu full cream supaya kue semakin kaya rasa.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi susu yang cocok untuk bahan kue yang bisa Sobat coba. Belanja berbagai jenis susu dan bahan kue mudah banget tinggal klik di Klik Indomaret aja. Banyak pilihan produknya, banyak promonya, dan gratis ongkir.

susu bahan kue

Belanja Bahan-bahan Kue di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here