perbedaan susu
Sumber gambar : freepik

Susu memiliki berbagai banyak jenis yang dijual di pasaran. Namun, tahukah Sobat apa perbedaan susu uht, susu evaporasi, dan susu pasteurisasi?


Susu merupakan salah satu minuman sehat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan pasti tidak jarang mendengar anjuran minum susu karena kandungannya yang baik. Terlebih untuk menunjang kesehatan tulang dan kebutuhan nutrisi tubuh.

Namun, susu yang dijual di pasaran memiliki banyak jenis. Oleh karena penting untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis susu. Bahkan untuk jenis Susu UHT, Susu Evaporasi, Susu Kental Manis yang sekilas terlihat mirip tapi ternyata berbeda loh.

Apa saja perbedaannya? Ini dia perbedaan Susu UHT, Susu Evaporasi, Susu Kental Manis.

1. Kental Manis

perbedaan susu
Sumber gambar : freepik/atlascompany

Kental manis atau sebelumnya dikenal sebagai susu kental manis ini merupakan susu dengan tambahan gula hingga 40-50 persen. Karena hal ini juga Badan POM menyebutkan bahwa kental manis tidak dapat disebut susu karena terbuat dari campuran gula dan susu.

Selain itu kental manis juga tidak bisa dipakai sebagai pengganti ASI atau tidak bisa dikonsumsi untuk bayi di bawah umur 12 bulan. Tidak hanya itu, kental manis juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai sumber gizi utama karena konsumsi yang berlebihan bisa meningkatkan risiko diabetes.

Biasanya kental manis digunakan sebagai bahan pelengkap, campuran, hingga topping makanan maupun minuman.

Baca Juga : Rekomendasi Susu Ibu Hamil Yang Lezat dan Kaya Nutrisi

2. Susu Evaporasi

perbedaan susu
Sumber gambar : freepik/graphicgrow

Susu jenis ini memiliki tekstur yang mirip dengan kental manis. Namun bedanya susu evaporasi tidak ditambahkan pemanis buatan. Susu evaporasi ini diproses dengan pemasakan hingga kandungan airnya hilang sebanyak 60%.

Setelah dipanaskan, susu evaporasi akan didinginkan hingga suhunya stabil lalu dikemas dan disterilkan pada suhu 115 – 118 derajat Celsius. Selain itu susu evaporasi ini memiliki rasa karamel dan warnanya yang lebih gelap dari susu segar.

Proses pembuatan pada susu evaporasi ini akan membuat nutrisinya terkonsentrasi sehingga nutrisi dan kalori per unit volume dalam susu evaporasi lebih banyak dalam susu segar. Tidak hanya itu proses sterilisasi juga membuat susu evaporasi lebih tahan lama hingga bertahun-tahun.

Biasanya susu evaporasi ini digunakan sebagai campuran kopi dan berbagai jenis minuman supaya lebih creamy.

3. Susu UHT

perbedaan susu
Sumber gambar : freepik

Susu UHT ini merupakan susu yang telah melewati proses “ultra-heat treatment” atau telah mengalami pasteurisasi pada suhu 135 derajat Celsius selama 2 detik atau lebih. Kemudian susu dimasukkan dalam wadah steril supaya bisa awet hingga sembilan bulan.

Biasanya susu melalui proses pasteurisasi pada suhu 62,8 hingga 72 derajat Celsius, tetapi susu UHT dipanaskan pada suhu yang jauh lebih tinggi. Hal ini supaya membunuh dan menonaktifkan semua bakteri berbahaya pada susu.

Susu UHT juga tidak perlu disimpan di lemari pendingin ketika kemasannya masih tersegel rapat. Susu ini biasanya akan langsung dikonsumsi dan tidak digunakan untuk bahan campuran kue karena dapat mempengaruhi rasa dari sajiannya. Karena sejatinya rasa dari susu UHT ini juga sudah lezat.

Itu tadi perbedaan antara susu evaporasi, UHT, dan susu kental manis. Meski susu merupakan produk yang sehat dan kaya gizi, tetap hindari mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Terutama untuk susu kental manis yang memang memiliki kandungan gula yang tinggi.

Nah setelah mengetahui perbedaan susu tersebut Sobat jangan sampai salah membedakannya ya. Jangan lupa juga untuk membeli susu di tempat yang terpercaya dan aman seperti Klik Indomaret. Tidak hanya itu, belanja produk susu di Klik Indomaret banyak promonya, gratis ongkir, dan hanya tunggu 1 jam pesanan sudah sampai di rumah loh.

perbedaan susu
Periode promo hingga 9 Mei 2023

Belanja Berbagai Produk Susu di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here