manfaat sunblock
Sumber gambar : freepik/Anastasia Kazakova

Liburan ke pantai atau ke gunung jangan sampai lupa pakai sunblock. Ini dia manfaat pakai sunblock untuk wajah dan badan yang perlu kamu tahu.


Saat liburan dan aktivitas di luar ruangan jangan sampai matahari menghalangi hari-harimu. Jangan lupa gunakan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dan UVB dapat menjadi masalah utama penuaan dini dan kulit terbakar.

Namun, tidak semua orang memperhatikan hal ini jadi banyak yang mengeluh kulit belang dan terbakar ketika liburan. Padahal sunblock tidak hanya melindungi kulit dari UVA dan UVB loh. Ini dia manfaat sunblock untuk wajah dan badan yang wajib kamu tahu.

1. Melindungi Kulit dari Sinar UVA dan UVB

manfaat sunblock
Sumber gambar : freepik/BillionPhotos

Manfaat utama dari sunblock yaitu untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pilihlah sunblock dengan minimal SPF 30 dan PA+. SPF atau Sun Protection Factor ini mampu melindungi kulit dari sinar UVB. Sedangka PA atau Protection Grade of UVA Rays ini untuk melindungi kulit dari sinar UVA.

SPF 30 ini mampu melindungi kulit sebanyak 97%, jadi disarankan untuk memilih SPF 30 atau diatasnya. Sedangkan untuk PA semakin banyak tanda + berarti mampu melindungi kulit dari sinar UVA. Jika untuk PA++ berarti mampu melindungi kulit 60 – 70% selama 4 – 6 jam.

2. Mencegah Penuaan Dini

manfaat sunblock
Sumber gambar : freepik/jcomp

Jika terpapar sinar matahari terus menerus dapat menyebabkan penuaan dini. Gejalanya mulai dari kulit mengalami kerutan, terutama pada wajah, kulit jadi lebih kendur, dan lebih kusam. Penggunaan sunblock ini mampu mencegah penuaan dini dan membuat kulit lebih sehat dan lebih muda.

3. Mencegah Kanker Kulit

manfaat sunblock
Sumber gambar : freepik

Siapa sangka sunblock secara rutin dapat menurunkan risiko kanker kulit khususnya melanoma. Jenis kanker kulit ini berisiko dialami oleh wanita diusia 20 tahun. Gejalanya seperti kulit bersisik, muncul bercak pada kulit, gatal yang disertai nyeri, benjolan pada permukaan kulit, dan tahi lalat yang semakin besar dari biasanya.

Jika Sobat mengalami gejala tersebut sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

4. Meratakan Warna Kulit

manfaat sunblock
Sumber gambar : freepik

Dengan menggunakan sunblock secara rutin dapat membuat warna kulit lebih merata. Selain itu, menggunakan sunblock pada tubuh dapat menghindari warna belang pada tubuh maupun flek hitam pada wajah.

Baca Juga : Tips Mencegah Kulit Belang yang Bisa Dicoba

5. Mengunci Skin Care

manfaat sunblock
Sumber gambar : freepik/Lifestylememory

Sunblock merupakan occlusives yaitu kandungan yang dapat menahan kulit kehilangan air dan kelembaban. Sehingga menggunakan sunblock pada rangkaian akhir perawatan kulit dapat mengunci nutrisi dan manfaat dari seluruh perawatan.

Jika Sobat memiliki kulit yang berminyak pilih sunblock jenis gel, atau sunblock spray agar tidak menyumbat pori-pori. Sebaliknya jika memiliki kulit kering pilihlah sunblock jenis lotion.

Nah itu tadi beberapa manfaat sunblock untuk wajah dan badan yang perlu Sobat ketahui. Jangan lupa selalu stok sunblock di rumah dan rutin digunakan sebelum beraktivitas ya. Belanja sunblock bisa di Klik Indomaret, karena banyak promonya, gratis ongkir, dan pesanan langsung diantar ke rumah ya.

Belanja Sunblock dan Sunscreen di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here