5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Selama bulan puasa banyak orang yang berpikir bagaimana melakukan olahraga tanpa harus membatalkan puasa? Pada dasarnya, puasa bukanlah penghalang untuk berolahraga.


Justru olahraga dapat membantu tubuh tetap fit dan bugar sehingga tidak mudah capek atau lelah selama puasa. Namun, olahraga saat puasa tidak boleh sembarangan. Niatnya ingin bugar malah bisa berakibat fatal jika salah memilih olahraga.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga

Saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman di siang hari. Hal ini membuat tubuh tidak memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas yang berat. Oleh karena itu Sobat bisa menyiasatinya dengan memilih jenis olahraga ringan.

Lantas, apa saja olahraga yang sekiranya aman dilakukan saat puasa? Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

Jalan Santai & Jogging

5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/timeimage

Jalan santai dan jogging merupakan olahraga fisik yang tidak akan membuang banyak energi. Tetapi ingat untuk mengukur daya tahanmu, jangan sampai kelelahan dan mengganggu ibadah puasa nantinya. Untuk menyiasati dehidrasi, lakukan olahraga di sore hari menjelang buka puasa. Jadi selesai olahraga bisa langsung minum saat buka puasa.

Yoga

5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/user17581499

Yoga merupakan olahraga ringan lainnya yang bisa jadi pilihan untuk dilakukan selama bulan puasa. Gerakan yoga juga berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan mengurangsi stress. Tidak hanya itu, yoga juga bisa membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga : Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Senam Aerobik

5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Senam merupakan olahraga yang cukup efektif untuk menjaga kebugaran saat puasa. Terlebih buat Sobat yang suka olahraga yang menghasilkan banyak keringat. Supaya gerakan dan durasi senam terukur baik Sobat bisa mengikuti video senam yang sudah ada di media sosial atau youtube.

Meskipun terlihat biasa, senam aerobik ini juga efektif untuk program diet dan melatih pernapasan. Bahkan gerakan senam juga membuat seluruh tubuh aktif bergerak jadi baik untuk mengencangkan otot tubuh supaya terlihat lebih ideal.

Pilates

5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Selain senam, pilates juga bisa menjadi alternatif olahraga ringan selama puasa. Jenis olahraga ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan jadi cocok untuk dilakukan saat puasa. Pilates juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh hingga mengatasi stress.

Bersepeda

5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/kunchainub

Sobat punya sepeda nganggur di rumah? Bersepeda bisa jadi pilihan olahraga ringan lainnya yang aman saat puasa. Namun supaya tidak berlebihan bisa lakukan dengan jarak dekat seperti keliling keliling komplek rumah. Selain dapat membakar kalori, bersepeda juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung loh. Terlebih lagi bersepeda santai saat sore hari sembari ngabuburit bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga stress akibat pekerjaan bisa mereda.

Nah itu dia beberapa olahraga ringan yang aman dilakukan saat puasa yang bisa Sobat lakukan selama bulan puasa. Namun, jangan lupa untuk selalu mengukur daya tahan tubuh masing-masing supaya tidak kelelahan sehingga dapat berakibat fatal.

Selain berolahraga jangan lupa selalu penuhi asupan serat melalui buah dan sayur saat sahur dan buka puasa. Hal ini penting, karena serat dapat membantu melancarkan pencernaan terlebih saat puasa. Jadi selalu stok buah dan sayur selama bulan puasa di rumah ya. Belinya di Klik Indomaret aja, karena banyak promonya dan gratis ongkir pula.

5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa

Belanja Buah dan Sayur Segar di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here