5 Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Bulan puasa banyak dijadikan ajang untuk berdiet, selain ibadah tetapi juga bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Hal ini sah-sah saja karena sejatinya puasa itu menyehatkan tubuh.


Saat berpuasa banyak orang berpikiran akan menurunkan berat badan karena tidak makan dan minum di siang hari. Namun, siapa sangka selama puasa justru dapat menambah berat badan. Hal ini karena selama bulan puasa biasanya akan kurang memperhatikan asupan makanan sehingga kenaikan berat badan sulit dihindari.

Ada pula yang sengaja melakukan diet tetapi terlalu ekstrim sehingga tubuh kekurangan energi. Nah lantas bagaimana cara diet sehat saat puasa? Ayo simak tips diet sehat selama bulan puasa berikut ini.

Porsi Makanan Secukupnya

5 Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Meskipun tidak makan dan minum seharian bukan berarti harus makan dengan porsi yang berlebihan saat buka puasa. Hal ini yang kerap dilakukan orang dan tentunya dapat membuat berat badan naik. Jadi, usahakan untuk menjaga porsi makan saat sahur dan buka puasa.

Bisa juga gunakan piring ukuran kecil supaya tidak kalap saat mengambil makanan saat buka puasa. Selain itu pilih juga makanan yang cepat membuat kenyang dan awet seperti sup, ubi dan lainnya.

Kurangi Makanan Manis dan Gorengan

5 Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik

Selama belasan jam puasa dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun. Sehingga penting untuk mengembalikan kadar gula darah dengan makanan dan minuman manis. Namun, ingat untuk membatasi asupan gula yang dikonsumsi. Karena terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis justru dapat menjadi lemak dalam tubuh.

Selain makanan manis, gorengan juga perlu untuk dibatasi. Pasalnya gorengan ini kerap dijadikan camilan, lauk pauk, dan takjil saat buka puasa. Meskipun lezat, ternyata gorengan memiliki kandungan garam yang cukup banyak sehingga dapat memicu rasa haus.

Jadi, sebaiknya pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks untuk menambah energi setelah berpuasa, seperti buah, sayur, dan nasi merah.

Konsumsi Protein dan Serat

5 Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Saat diet utamakan untuk konsumsi makanan yang mengandung serat dan protein dibandingkan makanan berkalori tinggi. Ini karena makanan berserat tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama sehingga saat buka puasa tidak kalap dan makan secara berlebihan.

Penuhi Kebutuhan Cairan

5 Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Konsumsi air mineral secara rutin sesuai kebutuhan ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen. Hal ini baik untuk Sobat yang sedang diet. Namun, bagaimana jadinya ketika sedang puasa?

Nah Sobat bisa penuhi kebutuhan cairan dengan pola 2-2-4 yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas saat malam hari.

Tetap Aktif Selama Bulan Puasa

5 Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/Drazen Zigic

Saat puasa tentunya tubuh akan terasa lebih lemas dan letih. Hal ini membuat malas untuk beraktivitas seperti biasa. Namun, jika dibiarkan maka hal ini dapat membuat berat badan bertambah loh. Oleh karena itu sebisa mungkin tetap lakukan aktivitas seperti biasa walaupun sedang puasa.

Selain itu bisa juga imbangi dengan olahraga ringan supaya tubuh tetap fit dan puasa juga tetap lancar. Bila biasa olahraga di pagi hari bisa digantikan dengan olahraga menjelang waktu buka puasa. Misalnya mulai dari satu setengah jam atau 2 jam sebelum berbuka.

Baca Juga : Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa

Itu dia beberapa tips diet sehat saat bulan puasa yang bisa Sobat coba terapkan. Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan mengandung serat dan protein tinggi seperti buah, sayur, daging, dan kacang-kacangan. Makanan ini bisa Sobat dapatkan di Klik Indomaret ya, banyak diskon dan gratis ongkir pula.

5 Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa

Belanja Produk Buah dan Sayur di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here