cara memperlancar haid
sumber gambar: freepik/jcomp

Siklus haid tidak lancar dan muncul rasa nyeri yang mengganggu aktivitas? Ini beberapa metode mudah cara memperlancar haid yang bisa dicoba.


Menstruasi biasa terjadi pada wanita setiap bulannya, meski begitu tidak jarang haid terhambat karena beberapa faktor yang mempengaruhi. Tidak hanya terhambat, rasa nyeri pada bagian perut atau pinggang juga kerap dirasakan saat haid sedang berlangsung yang menimbulkan rasa tidak nyaman di sela-sela aktivitas.

Untuk menyiasatinya, ini 4 metode mudah perawatan sendiri di rumah yang bisa mengurangi sedikit rasa nyeri haid dan memperlancarnya.

1. Tingkatkan Peredaran Darah Dengan Mandi

cara memperlancar haid
sumber gambar: freepik

Salah satu metode perawatan diri yang efektif adalah menghangatkan tubuhmu untuk meningkatkan peredaran darah. Hal pertama yang disarankan adalah mandi, walaupun sering dikatakan bahwa mandi bisa meningkatkan darah haid keluar lebih banyak. 

Sebenarnya hal itu tidak mempengaruhi jumlah darah haid yang keluar. Cobalah lebih sering berendam di bathtub lebih sering, menggunakan garam mandi serta minyak aromaterapi untuk menghangatkan badan dan meningkatkan peredaran darah.

Jika tidak ingin berendam selama haid, merendam kaki bisa jadi alternatif cara yang efektif. Caranya isi ember dengan air hangat, kira-kira 41 derajat dan rendamlah kakimu, tubuh bagian bawahmu akan merasa hangat 15 hingga 20 menit. Ini adalah metode yang juga disarankan untuk merawat kurangnya peredaran darah. 

2. Bersantailah Dengan Aromaterapi dan Yoga

cara memperlancar haid
sumber gambar: freepik/stockking

Kamu akan merasa nyeri haid yang lebih jika tubuhmu tegang, itu sebabnya cobalah yoga, olahraga ringan, dan juga aromaterapi untuk meringankan rasa tidak nyaman. 

Beberapa orang juga mengatakan akupuntur, totok, serta pijat sangat membantu, jadi cobalah beberapa metode yang aman untuk mencari yang mana cocok untukmu. 

Baca Juga: 5 Perlengakapan yang Wajib Ada Saat Datang Bulan

3. Melakukan Olahraga Ringan 

cara memperlancar haid
sumber gambar: freepik

Olahraga ringan ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan peredaran darah di tubuh bagian bawah. Caranya berdiri dengan kaki selebar bahu, letakkan kedua tangan di pinggul lalu goyangkan pinggulmu dengan gerakan melingkar. 

Lakukan gerakan tadi dengan putaran searah jarum jam dan juga melawan arah jarum jam masing-masing 20 kali. Gerakan ini mudah dan bisa kamu lakukan di tempat kerja maupun sekolah. 

4. Tekuk Engkel dan Peregangan Ketika Duduk 

cara memperlancar haid
sumber gambar: freepik

Duduklah di kursi dengan posisi rileks, dengan tumit di lantai lalu angkat jari kaki perlahan hingga engkel membentuk sudut 90 derajat dan hitung hingga 5 perlahan-lahan turunkan jari kaki. 

Berikutnya, di kursimu angkat kedua kaki dengan bertumpu pada jari kaki, dan regangkan engkel serta telapak kaki dan hitung hingga 5. Lakukan gerakan tadi masing-masing sebanyak 5 kali. 

Duduk di depan meja untuk waktu yang lama akan membuat peredaran darah di bagian bawah memburuk. Sehingga latihan di atas berguna tidak hanya selama haid tetapi juga bagus sebagai rutinitas harian. 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan nyeri dan memperlancar haid. Namun, jika kamu mengalami nyeri haid yang berlebihan, hindarilah berolahraga terlalu keras. 

Dengarkan dan rasakanlah tubuhmu, teruslah berolahraga jika kamu merasa nyaman dan mampu. Jangan lupa gunakan juga, pembalut yang lembut dengan daya serap yang bagus seperti Charm agar aktivitas lebih nyaman selama haid.

cara memperlancar haid
Periode promo berlangsung dari 30 Agustus – 12 September 2023

Cari Promo Pembalut? Ada Di Klik Indomaret

Sumber informasi: charm.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here