4 Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga
Sumber gambar : freepik/makistock

Saat berolahraga baik jogging, senam, atau olahraga lainnya tidak jarang mengalami kram perut. Kram perut ini ada langsung hilang dengan cepat ada juga yang agak lama. Penyebab kram perut ini cukup beragam mulai dari olahraga setelah makan hingga kekurangan cairan.

Kram saat olahraga selain menyerang perut tapi bisa juga terjadi ke betis dan paha. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan waktu makan sebelum olahraga dan asupan air saat berolahraga.

Namun jika sudah terjadi kram perut saat berolahraga, jangan panik. Sobat bisa ikuti tips berikut ini supaya kram perut saat olahraga dapat cepat pulih.

Istirahat Sejenak

4 Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga
Sumber gambar : freepik/pakorn1981

Saat kram perut menyerang ketika berolahraga, hal pertama yang dilakukan yaitu langsung berhenti. Jangan terus memaksa untuk berolahraga ketika perut kram supaya tidak semakin parah. Setelah berhenti olahraga. Usahakan cari tempat yang nyaman untuk meregangkan perut.

Baca Juga : Bahaya Olahraga Berlebihan yang Mengganggu Kesehatan

Minum Air Mineral

4 Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga
Sumber gambar : freepik/ViDIstudio

Kekurangan cairan selama berolahraga dapat menyebabkan dehidrasi. Nah jika sudah dehidrasi bisa sangat berbahaya untuk kesehatan. Karena dapat menghambat aliran darah dalam tubuh. Salah satunya aliran darah ke perut yang menyebabkan kram perut saat berolahraga.

Bahkan jika sudah parah bisa sampai muntah dan diare juga. Jangan tunggu sampai parah ya sobat. Jika sudah terjadi kram perut, segera berhenti dan minum air mineral terlebih dahulu. Jangan minum terlalu banyak sekaligus tetapi minum secara berkala hingga kram perut mereda.

Ada baiknya setiap kali berolahraga siapkan botol air mineral untuk penuhi asupan air dalam tubuh. Minumlah secara teratur dan jangan terlalu kembung karena justru dapat membuat sakit perut selama berolahraga.

Lakukan Pemanasan Dahulu

4 Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga
Sumber gambar : freepik/javi_indy

Kemudian ini merupakan cara pencegahan yaitu melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Dengan melakukan pemanasan memberikan kesempatan tubuh untuk bernapas dan beradaptasi dengan peregangan. Jadi pastikan kamu melakukan pemanasan selama beberapa menit sebelum melakukan olahraga.

Hindari Makanan Berlemak  dan Berserat Sebelum Olahraga

4 Tips Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga
Sumber gambar : freepik/odua

Hindari makanan berlemak yang berlebihan sebelum melakukan olahraga. Konsumsi lemak yang berlebihan justru membuat perut terasa penuh dan berisiko terjadi kram perut. Jika ingin mengonsumsi makanan berlemak sebaiknya setelah selesai olahraga saja.

Selain makanan berlemak, hindari juga makanan mengandung serat. Meskipun serat sangat baik untuk kesehatan tetapi jika terlalu banyak dikonsumsi sebelum olahraga justru dapat menimbulkan kram perut. Hal ini karena makanan atau minuman berserat seperti jus buah membuatmu lebih cepat buang air.

Itu beberapa tips untuk atasi kram perut saat berolahraga. Lakukan beberapa pencegahan sebelum melakukan olahraga supaya meminimalisir terjadi kram perut. Selalu siap sedia obat untuk nyeri otot dan kram setelah berolahraga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Belanja obat nyeri otot dan kram di Klik Indomaret aja, karena banyak diskon dan gratis ongkir.

Belanja Obat Nyeri Otot di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here