4 Cara Menyimpan Biji Kopi Supaya Tetap Berkualitas
Sumber gambar : freepik/amenic181

Biji kopi yang berkualitas tinggi tentunya akan menghasilkan kopi dengan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Namun, perlu diimbangi dengan penyimpanan biji kopi yang tepat.


Cara menyimpan biji kopi yang salah ternyata dapat mempengaruhi kualitasnya bahkan bisa membuat hilangnya aroma dan rasa originalnya. Sebenarnya banyak faktor yang dapat membuat kualitas biji kopi menurun saat disimpan seperti paparan cahaya, kelembapan, hingga suhu tempat penyimpanan.

Nah, lantas bagaimana cara menyimpan biji kopi yang tepat supaya kualitasnya tetap terjaga? Baca informasi selengkapnya berikut ini.

Suhu Ruangan

4 Cara Menyimpan Biji Kopi Supaya Tetap Berkualitas
Sumber gambar : freepik

Suhu cukup berpengaruh pada kualitas biji kopi saat disimpan contohnya suhu yang terlalu tinggi dapat membuat kopi lebih cepat basi. Jadi, simpanlah di wadah kedap udara dan letakkan di ruang yang sejuk dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Serta sesuaikan suhu ruangan pada 20-25 derajat Celsius.

Baca Juga : Jenis Minuman Kopi Yang Wajib Kamu Tahu Agar Tidak Salah Pesan

Simpan dengan Kemasannya

4 Cara Menyimpan Biji Kopi Supaya Tetap Berkualitas
Sumber gambar : freepik/koldunova

Saat membeli biji kopi pastinya dalam kondisi dibungkus rapat dengan kemasan khusus. Nah, usahakan untuk menyimpan biji kopi pada kemasan aslinya tersebut. Kemasan biji kopi ini sudah dirancang khusus dengan katup satu arah yang bisa mengeluarkan udara tenpa membiarkan oksigen masuk.

Jadi biji kopi yang disimpan tidak akan terkontaminasi oksigen dan terlindungi dari sinar matahari.

Pisahkan dengan Makanan Lain

4 Cara Menyimpan Biji Kopi Supaya Tetap Berkualitas
Sumber gambar : freepik

Ketika menyimpan biji kopi sebisa mungkin pisahkan dengan makanan lainnya. Hal ini bertujuan supaya biji kopi tidak bisa terkontaminasi oleh bahan kimia atau aroma lainnya. Misalnya saja ketika biji kopi disimpan dengan ikan, bawang, atau durian maka aromanya akan berubah seperti barang tersebut.

Gunakan Freezer

4 Cara Menyimpan Biji Kopi Supaya Tetap Berkualitas
Sumber gambar : freepik/lifeforstock

Kulkas di rumah tentunya dapat menjadi tempat penyimpanan yang pas karena suhu dan kegelapannya yang stabil. Namun, sebelum menyimpan di freezer pindahkan biji kopi ke wadah yang kedap udara supaya tidak tercemar dengan bau dan rasa makanan dalam kulkas.

Masa Penyimpanan

4 Cara Menyimpan Biji Kopi Supaya Tetap Berkualitas
Sumber gambar : freepik/bublikhaus

Jika biji kopi disimpan pada kemasan aslinya maka setelah dibuka bisa bertahan hingga 3 minggu. Namun, jika disimpan pada wadah kedap udara bisa bertahan sekitar 4-8 minggu. Selain itu juga perhatikan tanggal kadaluarsa biji kopi yang tertera pada kemasan.

Itu dia lima cara menyimpan biji kopi supaya lebih tahan lama dan tidak mengubah kualitas biji kopi. Nah, cara ini bisa Sobat coba terapkan di rumah. Jangan lupa untuk beli biji kopi berkualias di Klik Indomaret ya, karena banyak promo, gratis ongkir, dan satu jam sampai.

Belanja Produk Kopi di Klik Indomaret Aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here