persiapan ramadan
sumber gambar: freepik/rembolle

Ramadan sebentar lagi, pastinya perlu adanya persiapan Ramadan dari berbagai keperluan. Mulai dari kebutuhan makan, perlengkapan ibadah, hingga kesiapan fisik dan mental.


Persiapan sebelum bulan Ramadan itu penting supaya saat menjalankan ibadah puasa dapat menjalaninya dengan sepenuh hati tanpa harus khawatir hal lainnya. Karena di bulan Ramadan segala ibadah dan perbuatan baik yang dilakukan akan berbuah baik juga nantinya.

Lantas apa saja yang harus disiapkan sebelum bulan Ramadan? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Membayar Hutang Puasa Tahun Lalu

persiapan Ramadan
sumber gambar: freepik/odua

Sebelum memulai Ibadah Puasa, jangan lupa untuk melaksanakan kewajiban melunasi hutang puasa di tahun lalu. Hal ini menjadi kewajiban bagi umat Muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa selanjutnya. 

Tapi tenang saja untuk kamu yang memiliki beberapa kondisi seperti sedang hamil, sakit, ataupun datang bulan memiliki kelonggaran karena tidak diwajibkan berpuasa.

Memperdalam Ilmu Agama

persiapan Ramadan
sumber gambar: freepik/rawpixel.com

Persiapan Ramadan lainnya adalah memperdalam pengetahuan dan ilmu seputar Agama. Contohnya mempelajari dan memahami cara menjadi umat muslim yang taat atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama puasa. 

Memperdalam ilmu ini bisa bermanfaat juga loh untuk orang lain, jika kamu menerapkannya dengan baik dan membagikannya dengan orang yang tepat.

Baca Juga: Tips Ajarkan Anak Berpuasa Sedari Dini

Mempersiapkan Iman dan Fisik

persiapan Ramadan
sumber gambar: freepik

Persiapan menyambut bulan suci Ramadan yang paling mendasar tentu saja mempersiapkan iman. Persiapan diri secara iman ini, bisa kamu lakukan mulai dari menjauhkan diri dari kebiasan buruk yang bertentangan dengan perintah Agama ataupun yang tidak boleh dilakukan saat Ramadan.

Tidak hanya secara iman, mempersiapkan diri secara fisik juga akan membantu puasa yang kamu jalankan menjadi lebih lancar karena kondisi fisik yang prima.

Perbanyak Amal dan Perbuatan Baik

persiapan Ramadan
sumber gambar: freepik

Sebenarnya memperbanyak amal dan perbuatan baik tidak hanya perlu dilakukan saat bulan puasa. Namun alangkah baiknya, jika dilakukan lebih baik lagi di bulan suci Ramadan. Khususnya membantu orang-orang membutuhkan yang ada di sekitar kita.

Mempersiapkan Kebutuhan Selama Ramadan

persiapan Ramadan
sumber gambar: freepik/22January

Terakhir tapi juga tidak kalah penting, seperti yang umumnya kita ketahui. Menjelang Ramadan kebutuhan pokok dan lainnya biasanya mengalami kenaikan harga. Itu sebabnya mulai dari sekarang kamu bisa mempersiapkan kebutuhan selama bulan Ramadan.

Selain lebih hemat, ini juga lebih baik agar kamu tidak perlu repot lagi mempersiapkan kebutuhan di waktu yang terbatas. Tapi ingat, kebutuhan yang kamu beli cukup seperlunya agar semua orang juga bisa kebagian.

Nah dari antara persiapan menjelang bulan Ramadan di atas, mana nih yang sudah kamu lakukan? Coba bagikan di kolom komentar ya sobat, kalau kamu punya tips lainnya untuk menyambut Bulan Suci Ramadan.

persiapan Ramadan
Belanja produk segar makin komplit #TinggalKLiK di Klik Indomaret

Belanja Kebutuhan Persiapan Ramadan Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here