Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/sitthiphong

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami ketika puasa. Nah berikut cara mengatasi asam lambung naik saat puasa yang bisa Sobat coba.


Puasa merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Ketika puasa harus menahan diri dari makan dan minum mulai dari fajar hingga matahari terbenam. 

Bagi mereka yang sudah terbiasa, maka puasa bukanlah sesuatu yang berat untuk dilakukan. Kecuali bagi yang menderita penyakit seperti asam lambung dan maag. Asam lambung merupakan kondisi cairan asam dari lambung yang mengalami kenaikan dan mengalir ke kerongkongan sehingga menyebabkan nyeri di ulu hati, mual, hingga rasa terbakar di dada.

Kondisi tentunya selain membuat tubuh jadi tidak nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari selama puasa juga jadi terganggu. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan asam lambung naik seperti makanan yang dikonsumsi, pola tidur, stress, dan lainnya.

Nah, jika asam lambung kerap kambuh selama bulan puasa maka Sobat bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Pilih Jenis Makanan

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/KamranAydinov

Salah satu penyebab utama asam lambung naik yaitu makanan yang tidak tepat. Oleh karena itu penting untuk memilih makanan yang bisa mencegah asam lambung naik. Seperti susu rendah lemak, atau kacang-kacangan. Makanan ini dapat membantu meredakan gejala asam lambung dan memberikan perlindungan untuk lapisan lambung akibat asam lambung yang berlebihan.

Hindari untuk makan makanan dingin, asam (nanas, asam jawa, dan lainnya), makanan pedas, dan bersantan serta makanan yang banyak mengandung gas seperti kol, kubis, sawi, dan lainnya. Makanan ini dapat merangsang asam lambung keluar lebih banyak sehingga menyebabkan sakit.

Baca JugaWaspadai 5 Ini Penyakit Saat Bulan Puasa

2. Jaga Porsi Makan

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Supaya asam lambung tidak kambuh langkah selanjutnya yaitu memperhatikan porsi makan. Hindari menyantap makanan dengan porsi besar secara sekaligus. Hal ini karena mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat membebani kerja pencernaan sehingga menyebabkan naiknya asam lambung. 

Nah untuk cegah asam lambung naik saat puasa dengan cara mengubah porsi makan jadi sedikit demi sedikit dulu diawali dengan minuman hangat seperti jahe hangat. Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang lebih banyak secara bertahap.

3. Jangan Makan Terburu-buru

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/chevanon

Selain jaga porsi makan, ketika makan juga jangan terburu-buru. Meskipun sudah merasa lapar karena puasa seharian tetapi usahakan makan secara perlahan. Hal ini berguna untuk mengontrol produksi asam lambung tidak naik secara drastis.

4. Minum Air Yang Cukup

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa
Sumber gambar : freepik

Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan rasa nggak nyaman pada perut, termasuk rasa terbakar di dada, mulas, dan kembung. Oleh karena itu perlu diimbangi dengan asupan air yang cukup. 

Air dapat membantu mengencerkan asam lambung yang berlebihan sehingga mengurangi rasa tidak nyaman di perut. Selain itu, air juga dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan dapat mengoptimalkan fungsi pencernaan. 

Baca Juga : Tips Mudah Hindari Bau Mulut Selama Berpuasa

5. Jangan Stres

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/faizaminudin

Stres menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung pada tubuh. Jadi penting untuk kendalikan emosi dan kelola stress dengan cara yang positif untuk mencegah naiknya asam lambung. Tidak harus melakukan hal yang sulit, cukup istirahat sejenak jika merasa lelah, melakukan relaksasi, atau yoga bisa membantu meredakan stress.

Nah, itulah beberapa tips dan cara mengatasi asam lambung naik saat puasa yang bisa Sobat coba. Selama puasa, Sobat harus lebih bijak memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jangan sampai asam lambung menghambat ibadah puasamu di bulan suci ini. 

Jangan lupa stok asupan makanan sehat dan perlengkapan selama Bulan Ramadan di rumah. Belanja keperluan makanan dan perlengkapan selama Bulan Ramadan di rumah di Klik Indomaret ya. Cukup belanja dari rumah pesanan langsung sampai di depan rumah. 

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa
Periode promo hingga 11 April 2023

Belanja Buah dan Sayur di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here