penyakit saat bulan puasa
sumber gambar: freepik/stefamerpik

Namanya penyakit tidak tahu kapan datangnya, apalagi selama bulan Ramadan. Itu sebabnya kita perlu untuk waspada terhadap penyakit, seperti Ini beberapa penyakit yang sering menyerang saat bulan puasa.


Karena tidak jarang beberapa penyakit yang kerap muncul di saat bulan Puasa. Mulai dari yang ringan hingga yang dapat mengganggu aktivitas keseharian kita. 

Lantas apa saja ya penyakit yang kerap muncul selama menjalankan ibadah Puasa? Nah, berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai.

Sembelit

penyakit saat bulan puasa
sumber gambar: freepik/jcomp

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai selama bulan puasa adalah sembelit. Gangguan pada sistem pencernaan ini, bisa saja terjadi disebabkan oleh pergerakan makanan di saluran cerna lebih lambat dari biasanya.

Untuk mencegahnya, sobat bisa memenuhi asupan serat yang berasal dari buah-buahan serta sayuran di saat sahur atau buka puasa. Tidak lupa dengan minum air yang cukup saat sahur dan berbuka puasa.

Asam Lambung Meningkat

penyakit saat bulan puasa
sumber gambar: freepik/KrishnaTedjo

Asam lambung yang meningkat juga perlu kamu waspadai selama bulan puasa. Hal ini bisa terjadi akibat tidak adanya asupan makanan yang masuk selama beberapa jam berpuasa.

Untuk menghindari hal ini, kamu perlu mengatur pola makan selama sahur dan berbuka puasa. Caranya dengan memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin.

Sakit Tenggorokan

penyakit saat bulan puasa
sumber gambar: freepik/benzoix

Kurangnya asupan air putih juga dapat menyebabkan nyeri pada tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan karena tenggorokan yang rentan kering selama berpuasa.

Untuk mencegahnya pastikan kamu mengonsumsi makanan sahur dan buka puasa yang sehat. Seperti makanan yang tidak terlalu panas, pedas, ataupun berminyak agar kesehatan tenggorokan terjaga selama bulan puasa.

Sakit Kepala 

penyakit saat bulan puasa
sumber gambar: freepik/Drazen Zigic

Dikarenakan rasa lelah, lapar, dan haus seringkali kita merasakan sakit kepala yang mengganggu aktivitas. Apalagi di tengah bulan puasa seperti sekarang, sakit kepala bisa menyerang kapan saja.

Untuk menghindari sakit kepala ini, bisa kamu lakukan dengan menghindari terik matahari yang mengenai kepala. Selain itu, mengurangi aktivitas berat juga kamu perlukan untuk menghindari sakit kepala.

Dehidrasi

penyakit saat bulan puasa
sumber gambar: freepik/jcomp

Kekurangan cairan atau asupan air putih juga berpotensi menyerang di bulan puasa. Lebih parahnya lagi, jika diabaikan begitu saja bisa menyebabkan dehidrasi loh sobat.

Untuk mencegah dehidrasi ini, ada baiknya kamu memenuhi asupan air putih secukupnya. Karena manusia membutuhkan setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Baca Juga: Tips Minum 8 Gelas Air Putih Saat Puasa

Nah sobat, beberapa penyakit di atas memang sebaiknya dihindari. Namun, jika sudah terlanjur terjangkit kamu bisa langsung mengkonsumsi obat dan cara penyembuhan yang sesuai.

Jika diperlukan kamu bisa langsung, konsultasikan masalah kesehatan yang kamu alami dan melakukan pengobatan. Setelahnya, jaga kondisi tubuh dengan pola hidup sehat dan rutin konsumsi vitamin untuk tubuh.

penyakit saat bulan puasa
Periode promo berlangsung 22 Maret – 21 April 2023

Jaga Kebersihan Diri Agar Tetap Sehat

Sumber informasi: siloamhospitals.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here