tips puasa untuk lansia
sumber gambar: freepik/odua

Kondisi fisik yang tidak muda lagi, mengharuskan para lansia untuk menjaga pola hidup khususnya di bulan puasa. Salah satu caranya dengan menerapkan beberapa tips puasa untuk lansia ini.


Karena di Bulan Ramadan penting bagi kita untuk menjaga kesehatan, khususnya bagi orang lanjut usia (lansia). Dikarenakan lebih rentan terkena masalah kesehatan seiring bertambahnya usia.

Untuk itu demi menjaga kesehatan orang tua atau kakek nenek yang sudah lansia selama puasa. Ada beberapa tips puasa untuk lansia yang bisa kamu lakukan berikut ini.

Konsultasi ke Dokter 

tips puasa untuk lansia
sumber gambar: freepik/pressmaster

Sebelum mulai memutuskan berpuasa, ada baiknya bagi lansia untuk melakukan konsultasi ke Dokter untuk memastikan kondisi tubuh. Guna mengetahui apakah memungkinkan untuk berpuasa atau tidak.

Hal ini berlaku khususnya bagi mereka yang mengidap penyakit bawaan dan sehingga memerlukan perawatan khusus. Sebaiknya tidak memaksakan berpuasa jika tidak memungkinkan.

Pastikan Tidak Melewatkan Sahur

tips puasa untuk lansia
sumber gambar: freepik

Sebelum berpuasa sahur sangat dianjurkan untuk dilakukan. Ini dikarenakan sahur dapat membantu kelancaran puasa dan memenuhi asupan energi yang dibutuhkan selama puasa seharian.

Itu sebabnya saat makan sahur, pastikan juga asupan nutrisi terpenuhi, salah satunya dengan nutrisi lengkap. Seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral tubuh sehingga tidak mudah merasa lelah saat berpuasa.

Perbanyak Konsumsi Buah & Sayur

tips puasa untuk lansia
sumber gambar: freepik/firsovanina

Selain makanan pokok seperti yang kita makan sehari-hari, memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur. Sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan khususnya di bulan puasa. 

Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, kandungan serat yang ada pada buah dan sayur mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Serta tidak ketinggalan kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur juga baik bagi kesehatan.

Minum Air dan Tidur Cukup

tips puasa untuk lansia
sumber gambar: freepik

Seperti yang kita tahu orang dewasa setidaknya memerlukan 2 liter air putih setiap harinya. Meski sulit untuk dilakukan selama bulan puasa setidaknya jangan biarkan sampai tubuhmu mengalami dehidrasi.

Tidak hanya minum air putih, memenuhi kebutuhan tidur yang cukup dan berkualitas juga akan membantu tubuh tidak mudah lelah ataupun sakit selama berpuasa.

Aktif Berolahraga

tips puasa untuk lansia
sumber gambar: freepik/odua

Meski sedang berpuasa pastikan tubuh untuk aktif berolahraga. Hal ini berguna supaya tubuh tidak pegal ataupun kaku. Sebaiknya pilih olahraga ringan sehingga tubuh tidak terlalu lelah ketika berolahraga selama bulan puasa.

Baca Juga: 5 Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa

Beberapa tips puasa untuk lansia di atas akan membantu menjaga kesehatan lansia selama menjalankan ibadah puasa. Tetapi, penting untuk mengetahui kondisi tubuh agar tidak memaksakan diri berpuasa saat kondisi tubuh tidak prima.

Karena dalam ajaran agama Islam, bagi siapa saja yang berpuasa masih diberi keringanan. Khususnya bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan dan dalam kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk berpuasa.

tips puasa untuk lansia
Periode promo berlangsung 15 – 28 Maret 2023

Penuhi Asupan Nutrisi, Belanja Susu Hemat Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here