Asian muslim man having bad breath problem during fasting in ramadan moth, over white background

Bau mulut seringkali menjadi penghalang bagi kita untuk tampil percaya diri. Apalagi saat bulan puasa seperti saat ini, bau mulut seakan jadi masalah yang sulit dihindari. Ini disebabkan karena mulut yang kering dan tidak mendapat asupan minum atau air putih dalam waktu yang lama.

Nah untuk mengatasi permasalahan bau mulut ini, kamu memerlukan cara yang tempat agar ampuh mengusir bau mulut. Ini dia beberapa tips mencegah bau mulut yang bisa kamu terapkan. 

Menghindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Sumber gambar: Yandi Anugrah-Freepik.com

Selama berpuasa tentunya saat sahur dan berbuka puasa, kita terkadang sering tergoda untuk mengonsumsi makanan lezat. Namun sobat perlu lebih teliti bisa jadi makanan tersebut dapat menyebabkan masalah bau mulut.

Beberapa makanan atau minuman yang bisa jadi penyebabnya adalah beberapa jenis bawang, petai, jengkol, kopi dan lain sebagainya. Jika sudah terlanjur makan-makanan di atas, kamu perlu menggosok gigi hingga sisa makanan tidak menempel di mulut.

Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur, karena jenis makanan ini mampu meningkatkan produksi air liur sehingga menjaga mulut tetap lembab.

Menyikat Gigi Dengan Tepat 

man toothbrush in hand hygiene clean teeth isolated background. High quality photo

Sumber gambar: Beststudio-Freepik.com

Menyikat gigi dengan teknik yang tepat bisa jadi langkah pencegahan awal untuk mencegah bau mulut selama berpuasa. Sesudah sahur, sikat gigi secara bersih hingga tidak terasa sisa makanan yang menempel di sela gigi maupun rongga mulut.

Menggunakan sikat dan pasta gigi yang tepat juga bisa membantu, misalnya kamu memilih pasta gigi beraroma mint ataupun siwak untuk mencegah bau mulut.

Menggunakan Mouthwash

Hand of man Pouring Bottle Of Mouthwash Into Cap.

Sumber gambar: User7920588-Freepik.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau mulut ialah menggunakan obat kumur atau mouthwash. Menggunakan mouthwash, dinilai mampu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dan menyegarkan nafas.

Memilih produk mouthwash yang tepat juga diperlukan agar nafas terasa segar, selain itu melakukan flossing atau membersihkan sela gigi dengan menggunakan alat yang mirip dengan benang.

Membersihkan Bagian Lidah

white covered and coated tongue out with tiny bumps is indicator for sickness and infections and reason for bad breath and smell but can be cleaned by tongue coating cleaner by scraping the white foam

Sumber gambar: Shotmedia-Freepik.com

Bau mulut atau nafas yang tidak segar juga bisa disebabkan dari lidah yang kotor dan tidak dijaga kebersihannya. Itu sebabnya untuk menghindari bau mulut, bersihkan lidah dengan menggunakan alat pembersih lidah secara rutin.

Karena lidah biasanya dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri yang berasal dari sisa makanan yang tersisa.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari bau mulut selama berpuasa maupun tidak. Jika bau mulut sudah terasa mengganggu, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu ke Dokter karena bisa jadi terdapat penyebab lain dari bau mulut.

Kamu punya tips mengatasi bau mulut lainnya? Coba tambahkan pendapatmu di kolom komentar ya. Jangan lupa selalu jaga kebersihan rongga mulut dan gigi agar tetap sehat ya sobat.

4 Tips Mudah Hindari Bau Mulut Selama Berpuasa
Periode promo hingga 30 Juni 2022
Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi Di Mulai Dari Sini

Sumber gambar utama: Rembolle-Freepik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here