Tips Minum Air Putih Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/Queenmoonlite Studio

Setiap hari tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat, urine, dan lainnya. Oleh karena itu penting untuk rutin minum air putih. Lantas saat puasa bagaimana cara penuhi asupan cairan tubuh?


Ketika puasa, saat siang hari tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dari makanan maupun minuman. Oleh karena itu perlu adanya strategi untuk mengatur asupan cairan tubuh saat puasa. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Air putih atau air mineral sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terlebih hampir seluruh aktivitas sel manusia membutuhkan air. Pada dasarnya manusia membutuhkan setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Baca Juga : Tips Puasa Sehat Supaya Tubuh Tidak Mudah Lelah

Nah, untuk mengatur asupan cairan selama puasa bisa menggunakan aturan dengan gelas ukur. Sobat bisa gunakan pola 2-4-2 untuk  minum air putih.

Dua Gelas Saat Buka Puasa

Tips Minum Air Putih Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/garakta_studio

Setelah seharian tubuh tidak  mendapatkan asupan cairan dari makanan dan minuman maka minumlah dua gelas air putih ukuran 250 ml saat buka puasa. Sobat bisa langsung minum dua gelas air putih untuk hilangkan rasa haus. Atau bisa juga minum satu gelas air putih saat buka puasa dan satu gelas setelah salat Magrib.

Empat Gelas di Malam Hari

Tips Minum Air Putih Saat Puasa
Sumber gambar : freepik

Selanjutnya minum empat gelas air putih di malam hari. Empat gelas ini tidak harus diminum sekaligus dalam satu waktu. Sobat bisa pecah seperti satu gelas saat makan malam, satu gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

Baca Juga : Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Puasa

Dua Gelas Saat Sahur

Tips Minum Air Putih Saat Puasa
Sumber gambar : freepik/odua

Minumlah dua gelas air putih dengan ukuran 250 ml saat sahur. Bisa juga dipecah satu gelas setelah bangun tidur dan satu gelas lagi saat setelah makan sahur. Selain minum langsung air putih, Sobat juga bisa makan sayur dan buah-buahan ya.

Itu dia beberapa tips untuk mengatur asupan cairan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa juga untuk selalu penuhi asupan vitamin dan juga mineral lainnya selama puasa ya. Sobat bisa stok kebutuhan vitamin dan suplemen kesehatan di Klik Indomaret. Produknya lengkap, gratis ongkir, dan satu jam sudah sampai rumah loh! Tunggu apalagi, ayo buruan belanja di Klik Indomaret.

Tips Minum Air Putih Saat Puasa
Priode promo hingga 5 April 2023

Belanja Suplemen dan Vitamin di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here