daging beku
sumber gambar: freepik/qwartm

Mau masak daging tapi masih beku? Jangan khawatir, ini cara mencairkan daging beku sebelum diolah dan dimasak yang bisa kamu coba.


Seperti yang kita tahu, daging beku adalah salah satu bahan makanan yang sangat praktis karena bisa disimpan dalam waktu yang lama dan tetap awet. 

Nah agar rasanya tetap enak dan empuk saat diolah, tentu kamu perlu mencairkan daging. Caranya bisa dilakukan dengan beberapa langkah ini untuk mencairkannya.

1. Memindahkan Daging dari Freezer

daging beku
sumber gambar: freepik

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencairkan daging yang beku adalah memindahkannya dari area freezer ke area kulkas yang biasanya.

Jangan lupa tempatkan daging pada wadah tertutup atau piring permukaan datar. Tujuannya untuk menghindarkan daging dari kontaminasi dan air dari daging tidak menetes ke bahan makanan lain di dalam kulkas.

Meski membutuhkan waktu yang lebih lama, metode pencairan daging ini adalah metode yang aman. Karena akan menghindari pertumbuhan bakteri dan menjaga daging tetap pada suhu yang aman saat dicairkan.

2. Merendam Daging di Air Dingin

daging beku
sumber gambar: freepik/serhii_bobyk

Jika kamu butuh mencairkan daging yang lebih cepat dari metode pertama. Kamu bisa mencoba mencairkan daging dengan air dingin. 

Caranya tempatkan daging ke dalam kantong atau tempat kedap udara yang tertutup rapat. Kemudian, masukkan tempat yang berisi daging beku ke dalam wadah atau mangkuk besar yang diisi air dingin.

Baca Juga: 4 Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

Pastikan jika kantong atau tempat yang berisi daging terendam sepenuhnya ke dalam air. Kamu dapat mengganti air dingin secara berkala agar suhu dan kondisi daging tetap terjaga.

3. Menggunakan Mode Defrost Pada Microwave

daging beku
sumber gambar: freepik/rawpixel.com

Ingin mencairkan daging lebih praktis? Kamu bisa mencoba mode defrost yang biasanya ada pada microwave. Mode defrost pada microwave dirancang untuk mencairkan daging secara perlahan sehingga daging cair secara merata.

Artinya agar daging tidak cair di bagian luar tapi masih beku di bagian dalam. Jika sudah menggunakan mode defrost microwave, segera olah daging agar masih tetap fresh.

Itu dia beberapa cara mencairkan daging yang bisa kamu coba. Menjaga kesegaran dan kebersihan daging adalah hal yang paling penting sebelum mengolahnya menjadi hidangan.

Jangan membiarkan daging mencair lebih lama dari waktu yang diperlukan. Karena bisa saja, membuat bakteri lebih mudah berkembang biak apalagi pada suhu ruang.

daging beku
Periode promo berlangsung dari 26 Juli – 31 Juli 2023

Belanja Daging Pilihan Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here