cara memasak daging sapi biar empuk
sumber gambar: freepik/aeril01

Makan daging sapi tapi teksturnya keras? Ini cara merebus daging biar cepat empuk yang bisa kamu coba. Tidak hanya merebus ada beberapa cara lain juga untuk memasak daging sapi biar empuk lainnya yang bisa dicoba.


Masak daging sapi tapi masih keras dan alot. Bisa jadi kamu salah dalam mengolahnya sehingga daging tidak lembut. Berikut ini tips memasak daging sapi agar empuk yang bisa dicoba.

Seperti yang kita tahu daging sapi menjadi bahan makanan yang populer, bahkan banyak olahan yang dibuat dari daging hewan berkaki empat ini. 

Namun, seringkali ketika diolah daging sapi yang dimasak menjadi keras dan sulit untuk dimasak. Bukan tanpa alasan, hal bisa terjadi jika daging diolah kurang tepat.

Untuk itu, ini dia beberapa tips yang bisa kamu coba ketika memasak daging sapi agar empuk dan lembut saat dimakan.

1. Memotong Daging Sapi Berlawanan Serat

cara memasak daging sapi biar empuk
sumber gambar: freepik/user18710792

Cara pertama yang bisa dicoba, untuk mengolah daging sapi agar menjadi empuk saat diolah adalah memotong berlawanan serat daging.

Kenapa perlu dilakukan? Hal ini akan membantu memperpendek serat otot di daging sehingga menjadi lebih pendek dan empuk saat dimasak.

2. Memukul Daging Sapi Biar Empuk

cara memasak daging sapi biar empuk
sumber gambar: freepik/starlight81

Salah satu cara lainnya yang bisa digunakan untuk membuat daging sapi menjadi empuk adalah memukul-mukul daging sebelum dimasak.

Dengan menggunakan alat khusus seperti palu kecil yang memiliki bagian tajam di ujungnya. Hasilnya, daging sapi akan menjadi lebih lunak tapi pastikan untuk tidak terlalu kuat saat dipukul, karena justru dapat membuat daging menjadi hancur.

Baca Juga: Cari Tahu Jenis-Jenis Daging Sapi Berikut Ini

3. Marinasi Daging Sapi Dengan Bahan yang Pas

cara memasak daging sapi biar empuk
sumber gambar: freepik/wirestock

Tidak hanya menggunakan alat, membuat daging menjadi lebih empuk juga bisa kamu dapatkan dari teknik marinasi yang tepat.

Kamu bisa memarinasi daging sapi, dengan dibungkus daun pepaya atau nanas yang sudah dihaluskan layaknya jus. 

Kedua bahan ini, memiliki enzim alami yang dapat bekerja melunakkan daging. Cukup membaluri daging dengan salah satu diantaranya dan ditunggu beberapa saat. 

4. Menggunakan Metode Memasak yang Tepat

cara memasak daging sapi biar empuk
sumber gambar: freepik/KamranAydinov

Metode memasak yang pas juga memiliki peran penting dalam menghasilkan daging yang empuk. Contohnya untuk potongan daging yang tipis dan tidak terlalu tebal, seperti steak gunakan metode cepat seperti dipanggang.

Sedangkan untuk potongan yang lebih tebal, bisa menggunakan metode memasak perlahan. Seperti menggunakan slow cooker atau oven dengan suhu rendah agar daging menjadi empuk.

Dengan mengikuti tips-tips tadi, kamu jadi tahu kan cara memasak daging sapi biar empuk, sehingga olahan daging sapi lebih empuk dan tidak alot saat dimakan.

cara memasak daging sapi biar empuk
Produk segar makin komplit ada di Klik Fresh, Klik Indomaret

Produk Fresh Makin Komplit Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here