makanan yang tidak boleh dipanaskan
Sumber gambar : freepik/valeria_aksakova

Memanaskan makanan mungkin jadi hal biasa yang dilakukan. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang kali karena bisa berbahaya loh. Ini penjelasan selengkapnya.


Sebagian makanan jika dimakan dalam keadaan dingin tentunya membuat rasanya berubah dan kurang lezat. Oleh karena itu beberapa orang tidak jarang memanaskan makanan terlebih dahulu sebelum memakannya.

Namun, tahukah kamu ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang kali? Proses pemanasan berulang pada makanan tertentu dapat mengubah sifat nutrisi, rasa, dan bahkan menyebabkan pertumbuhan bakteri berbahaya.

Nah, jenis makanan apa saja yang tidak boleh dipanaskan berulang kali? Baca informasi selengkapnya berikut ini.

1. Nasi

makanan yang tidak boleh dipanaskan
Sumber gambar : freepik/ilona.shorokhova

Nasi adalah makanan yang sering disimpan dalam jumlah besar. Namun, memanaskan nasi berulang kali dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri Bacillus cereus yang berbahaya. Bakteri ini menghasilkan racun yang tidak dapat hancur meskipun telah dipanaskan berulang.

Dengan demikian, yang seharusnya dilakukan bukanlah memanaskan kembali nasi yang sudah dibiarkan dalam suhu ruangan, tetapi bagaimana memastikan nasi disimpan dengan benar. Jika ingin menyimpan nasi, bisa simpan dalam lemari es waktu 2 jam setelah dimasak dan panaskan hanya satu kali sebelum dikonsumsi.

Baca juga : Perbedaan Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com

2. Ayam

makanan yang tidak boleh dipanaskan
Sumber gambar : freepik/user6740038

Ayam adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun, memanaskan ayam berulang kali dapat mengurangi kualitas nutrisinya. Ayam yang telah dimasak sebaiknya hanya dipanaskan sekali, karena pemanasan berulang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri Salmonella dan Campylobacter yang dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

Jika ingin menyimpan ayam, dianjurkan untuk menyimpannya pada suhu di bawah 43 derajat Fahrenheit apabila akan dipanaskan kembali. Sementara itu, sebaiknya memanaskan ayam tidak lebih dari tiga hari setelah diolah.

3. Bayam dan Sayuran Hijau

makanan yang tidak boleh dipanaskan
Sumber gambar : freepik/Racool_studio

Bayam dan daun hijau lainnya mengandung nitrates, senyawa alami yang bisa berubah menjadi senyawa nitrit yang berbahaya ketika dipanaskan berulang kali. Nitrit dapat mengubah hemoglobin dalam darah menjadi methemoglobin yang tidak dapat mengikat oksigen dengan baik, menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan. Oleh karena itu, disarankan untuk memasak dan mengonsumsi bayam segar segera setelah dimasak.

4. Minyak Goreng

makanan yang tidak boleh dipanaskan
Sumber gambar : freepik/artitwpd

Memanaskan minyak goreng berulang kali dapat menyebabkan oksidasi yang menghasilkan senyawa berbahaya seperti aldehida dan radikal bebas. Senyawa-senyawa ini dapat berdampak negatif pada kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan minyak goreng hanya sekali atau memilih minyak dengan titik asap yang tinggi untuk mengurangi risiko oksidasi.

5. Telur Rebus

makanan yang tidak boleh dipanaskan
Sumber gambar : freepik/makistock

Memanaskan telur rebus berulang kali juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Salmonella. Telur yang direbus sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 2 jam setelah dimasak dan jika ingin memanaskannya, pastikan hanya satu kali pemanasan yang dilakukan. Hindari untuk memanaskannya berulang kali.

Baca juga : Jenis-jenis Telur Ayam Yang Perlu Kamu Tahu

6. Wortel dan Sayuran Berwarna Oranye

makanan yang tidak boleh dipanaskan
Sumber gambar : freepik/weyo

Wortel dan sayuran berwarna oranye lainnya mengandung karotenoid, senyawa yang memberikan warna cerah pada makanan tersebut. Namun, memanaskan sayuran ini berulang kali dapat menyebabkan hilangnya beberapa nutrisi dan penurunan aktivitas antioksidan.

Untuk memaksimalkan manfaat nutrisi, disarankan untuk memasak sayuran segar sebentar dan langsung dikonsumsi. Hindari untuk memanaskannya kembali karena kandungan nutrisinya dapat berkurang bahkan hilang.

Itu dia penjelasan mengenai beberapa jenis makanan yang tidak disarankan untuk dipanaskan berulang kali. Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan pada daftar tersebut tidak boleh untuk dipanaskan kembali. Tetapi tidak disarankan untuk dipanaskan hingga berulang kali supaya tidak menimbulkan racun yang bisa membahayakan tubuh.

Jangan lupa juga untuk selalu penuhi kebutuhan asupan nutrisi dengan makanan segar seperti buah, sayur, dan daging. Belanja produk segar di Klik Indomaret semakin mudah, satu jam sampai, dan gratis ongkir. Jadi tunggu apalagi yuk belanja dan masak buah, sayur, dan daging segar kesukaanmu. Namun, tentunya dengan pengolahan yang tepat dan hindari untuk dipanaskan berulang kali ya.

makanan yang tidak boleh dipanaskan

Belanja Buah dan Sayur Segar di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here