Pernah gak si kita menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memilih baju yang bakal dipakai saat berpergian atau mungkin kamu punya hobi belanja yang gak terkendali hingga banyak pakaian menumpuk di lemari. 

Akhirnya pakaian-pakaian tersebut gak punya fungsi lain selain nangkring di dalam lemari, dari yang awalnya wangi semerbak sampai jadi bau karena nggak pernah dipakai. Hal seperti ini lah yang menjadi salah satu hal yang jadi concern minimalist lifestyle untuk dibersihkan, dialihfungsikan atau disumbangin ke yang lebih membutuhkan.

Jadi minimalist lifestyle itu apa sih sebenernya. Gaya hidup minimalis secara sederhana dapat diartikan untuk menjalankan hidup dengan cara yang sederhana dengan sarana yang minimal namun memberikan kita kepuasan yang tinggi. Lebih tepatnya, gaya hidup ini bakal mengajarkan kita untuk lebih ikhlas, lebih bersyukur sekaligus santuy dalam memandang hidup. 

Gaya hidup minimalis ini juga memiliki banyak efek positif mulai dari keuangan kita yang lebih sehat karena tidak konsumtif, hidup yang lebih terorganisir hingga merapikan tempat tinggal bisa jadi lebih cepat. Nah buat sobat yang ingin ngikutin gaya hidup minimalis bisa nonton video dari para kreator di bawah ini. 

Sumber: rawpixel.com/freepik.com

1. Matt D’avella

Sumber: Matt D’avella

Gak afdol kayaknya kalau ngomongin konten minimalis tanpa kreator satu ini, Matt D’avella bisa dibilang salah satu kreator pertama di luar nama besar kayak marie kondo ataupun fumio sasaki yang mempopulerkan minimalism lifestyle pada platform mainstream kayak youtube. 

Matt D’avella terkenal sebagai sutradara dari film the minimalism di Netflix yang juga menginspirasi raditya dika untuk mengikuti gaya hidup ini. Konten Matt berisi tips tips mengenai gaya hidup minimalis mulai dari gaya pakaian, keuangan  serta pengalamannya sebagai pembuat film.

2. Kraig Adams 

Sumber: Kraig adams

Salah satu penggiat gaya hidup minimalis yang paling doyan untuk travelling. Tiap travelling si Kraig dapat ngabisin waktu hingga tiga bulan loh sobat. Walaupun dia doyan travelling kraig tetep gabungin hal tersebut dengan pola hidup minimalisnya.

Mulai dari cara packing pakaian yang simpel saat liburan sampai travel gear yang cocok ataupun destinasi wisata gak mainstream kraig punya tipsnya. Untuk sobat yang doyan travel tapi gak mau ribet mungkin bisa nyontek caranya Kraig Adams.

Kraig juga ngajarin gimana caranya nerapin minimalisme untuk kegiatan online kita, milllenials banget kan.

3. Ronald L. banks

Sumber: Ronald L Banks

Kalau sobat udah nerapin gaya hidup minimalisme tapi masih punya banyak keraguan dan pertanyaan. Konten dari Ronald bakalan cocok buat sobat. Ronal punya concern mendalam terhadap kesehatan mental.

Ronald banyak ngebahas apa tantangan gaya hidup ini, bagaimana mengatasi pandangan orang mengenai keputusan dia menjadi seorang minimalis.

4. Two cents

Sumber: Twocents

Yang ini agak sedikit beda dengan channel lainnya diatas kalau two cent sering ngasih tips tips keuangan yang bisa sobat ikutin.

Mulai dari alasan kenapa punya mobil jadi investasi yang jelek sampai borosnya kalau kita makan diluar, mereka sering ngasih fakta fakta unik yang ternyata bikin kita boros lo sobat.Kontennya cocok untuk sobat yang mau berhemat dan belajar mengenai keputusan finansial yang lebih baik 

Buat sobat yang mau nyoba gaya hidup minimalis sobat bisa lihat para kreator diatas dan niru yang paling cocok menurut sobat.