Sumber gambar : freepik/alexandrerotenberg

Saat ini beberapa wilayah di Indonesia sedang dilanda musim hujan. Curah hujan yang tinggi ini membuat kondisi jalan muncul genangan air bahkan banjir. Musim hujan ini menjadi cuaca yang tidak mengenakan untuk pengendara mobil. Pasalnya kondisi banjir akibat hujan lebat dapat merusak mesin mobil.

Sebetulnya banjir tidak akan merusak mesin mobil ketika dilakukan tindakan-tindakan pencegahannya. Namun, masih banyak orang yang tidak memahami hal tersebut. Nah ini dia tindakan pencegahaan supaya mesin mobil tidak rusak saat terkena banjir.

Jangan Nyalakan Mesin

Jangan nyalakan mesin setelah mobil terendam banjir. Jika dipaksa untuk dinyalakan bisa jadi nanti terkena water hammer. Water hammer yaitu kondisi ketika air masuk ke dalam ruang pembakaran yang bisa merusak komponen dalam mesin.

Lepaskan Kabel Aki

Selain tidak boleh menyalakan mesin ada yang tidak kalah penting, yaitu mengamankan kelistrikan mobil dengan mencabut kabel kutub aki. Hal ini dilakukan karena air yang masuk dalam mesin dapat menyebabkan konstleting dan merusak komponen mesin. Terlebih komponen elektronik dalam mobil terancam rusak seperti lampu hingga aksesoris audio mobil.

Cek Kondisi Oli dan Bahan Bakar

Cek kondisi oli dan bahan bakar jika tercampur air akibat terendam banjir. Disarankan untuk menguras jika tercampur air supaya tidak merusak mesin. Untuk oli sebaiknya diganti dengan oli baru, sedangkan bahan bakar biasanya air akan mengumpul di bawah jadi perlu dibuang airnya saja.

Gunakan Batu atau Pengganjal Mobil

Gunakan batu atau pengganjal mobil untuk mempertahankan posisi mobil. Jangan gunakan rem parkir untuk mempertahankan posisi mobil. Hal ini karena mobil yang terendam banjir bisa membuat rem memuai sehingga melekat pada roda. Selain gunakan batu, jangan lupa masukkan perseneling ke gigi 1 untuk mobil manual dan posisi P untuk mobil matic.

Bawa Ke Bengkel

Langkah terakhir yaitu bawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan lupa sebelum membawa mobil ke bengkel panaskan mesin dahulu sekitar 10-15 menit.

Nah itu dia beberapa tindakan pencegahan supaya mesin mobil tidak rusak setelah terendam banjir. Semoga bermanfaat bagi Sobat di rumah, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mobil supaya lebih nyaman saat berkendara. Belanja perlengkapan kendaraan di Klik Indomaret karena banyak diskon dan gratis ongkir.

Belanja Perlengkapan Kendaraan di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here