tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik

Memiliki kulit yang sensitif menjadi salah satu masalah yang cukup menyulitkan bagi sebagian orang. Karena kulit yang sensitif perlu perhatian ekstra dalam memilih produk dan merawat kesehatan kulit itu sendiri. 

Salah satunya ketika bercukur, khususnya bagi kamu para Pria yang terbiasa mencukur jenggot atau kumis tapi punya kulit yang sensitif. Tenang saja, karena tips mencukur untuk kulit sensitif berikut ini bisa membantu kamu untuk meminimalisir kesalahan dalam mencukur bagi pemilik kulit sensitif.

Persiapkan Kulit Dengan Benar

tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik

Sebelum bercukur gunakan pembersih wajah atau scrub wajah untuk membantu melembutkan rambut wajah. Selain itu, cara yang bisa kamu lakukan untuk melembutkan rambut wajah dan membuatnya lebih mudah untuk dipotong, melembabkan kulit dengan air hangat setidaknya tiga menit sebelum bercukur akan membantu.

Mulailah Dengan Alat yang Tepat 

tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik/karlyukav

Jangan lupa gunakan gel cukur yang telah diuji oleh ahli kulit seperti series Gillette shave gel moisturizing yang tidak membuat kulit kering dan berguna untuk melembutkan rambut dan membantu melindungi kulit dari luka dan lecet. 

Selain itu, gunakan pisau cukur yang memiliki mata pisau ganda tingkat lanjut dengan mata pisau yang berdekatan. Seperti Fusion5 ProGlide Manual razor dengan teknologi flexball, untuk membantu mengurangi tekanan pada masing-masing mata pisau demi kenyamanan lebih dan lebih sedikit iritasi.

Periksa Mata Pisau

tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik/ginkoveyka

Sobat kalian pada tau gak? Kalau mata pisau yang tumpul dapat menyebabkan goresan dan iritasi. Jika sudah merasakan ketidaknyamanan, ganti mata pisau mu dengan yang baru. Kamu juga bisa mencoba mata pisau cukur tertentu yang dilengkapi dengan dengan strip indikator akan berubah menjadi putih saat hasil cukur yang dihasilkan tidak maksimal.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Mencukur, Yuk Cari Tahu Di Sini

Gunakan Teknik yang Baik 

tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik

Selain alat yang digunakan, teknik juga menentukan hasil bercukur kamu agar lebih maksimal. Bercukurlah dengan dengan tarikan yang ringan dan lembut, kemudian mulailah mencukur searah dengan pertumbuhan rambut (ke arah pertumbuhan). 

Jika perlu untuk hasil cukuran yang lebih pendek, gerakan berlawanan arah dengan pertumbuhan rambut agar hasil cukur tampak lebih pendek.

Akhiri dengan yang Terbaik 

tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik/stockking

Sering kesulitan saat mencukur bibir atas dan di sekitar mulut? Kamu bisa memilih opsi mencukur bagian-bagian tadi di saat terakhir karena akan memberi waktu lebih banyak bagi gel cukur untuk masuk dan melembutkan lebih bagian rambut wajah mu.

Selain itu, mata pisau tunggal benar-benar berguna untuk mencukur tempat-tempat yang rumit, seperti di bawah hidung anda. 

Bilas Mata Pisau Sesering Mungkin

tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik

Sering membilas mata pisau selama bercukur akan mencegah penumpukan pada ujung mata pisau dan mata pisau isi ulang. Sehingga, mampu menghasilkan luncuran yang lebih baik serta kenyamanan lebih.

Lindungi Wajah dan Leher

tips mencukur kulit sensitif
sumber gambar: freepik/jet-po

Selepas bercukur untuk melindungi kulit wajah dan leher, bilas kulit dengan air dingin dan tepuk-tepuk sampai kering. Kemudian gunakan lotion setelah mencukur untuk menghidrasi, mendinginkan dan melembabkan kulit. 

Itu dia tips mencukur untuk kulit sensitif yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi resiko iritasi dan lecet saat mencukur bagi kamu pemilik kulit sensitif. Jangan lupa gunakan pisau cukur yang tepat seperti Gillette agar lebih mulus dan hasil yang maksimal.

Beli Kebutuhan Bercukur Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here