tips balik lebaran
Sumber gambar : freepik/miroslavjacimovic0

Setelah menghabiskan libur lebaran di kampung halaman kini saatnya kembali ke tempat tinggal. Nah supaya kurangi macet di jalan selama arus balik lebaran ini dia tips dan triknya.


Sama halnya dengan perjalanan mudik, menghadapi arus balik lebaran ini membutuhkan persiapan yang cukup matang. Mulai dari memilih tanggal balik, perlengkapan, hingga kondisi fisik yang prima.

Terlebih arus balik ini biasanya akan lebih padat dibandingkan dengan arus mudik. Sehingga tidak dipungkiri di beberapa titik jalan akan mengalami kemacetan hebat. Oleh karena itu perlu dipersiapkan dengan matang supaya tidak stres di jalan dan tidak terlalu terjebak macet di jalan.

Baca Juga : Tips Perjalanan Jauh Agar Terasa Nyaman

Nah berikut ini tips hadapi arus balik lebaran untuk kurangi macet dan stres selama di jalan.

1. Pilih Tanggal Arus Balik

tips balik lebaran
Sumber gambar : freepik/midosemsem

Hal pertama yang perlu disiapkan yaitu memilih tanggan balik yang tepat. Jika Sobat berencana menggunakan transportasi umum seperti kereta api, ataupun pesawat maka belilah tiket balik tiga bulan sebelumnya.

Namun, jika Sobat mudik dengan kendaraan pribadi sebelum balik terus pantau informasi arus balik di media sosial dan berita. Sebisa mungkin berangkatlah sejak subuh untuk mencegah kemacetan di jalan.

2. Periksa Kendaraan Pribadi

tips balik lebaran
Sumber gambar : freepik/odua

Khusus Sobat yang mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor maka lakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi kendaraan sebelum digunakan. Terlebih jika kendaraan ini sama dengan yang digunakan mudik karena telah menempuh perjalanan jauh.

Pastikan kondisi kendaraan mulai dari mesin, oli, bahan bakar, rem, ban, dan komponen lainnya dalam kondisi baik. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan balik.

3. Bawa Barang Secukupnya

tips balik lebaran
Sumber gambar : freepik

Biasanya ketika balik dari mudik lebaran akan banyak barang bawaan yang dibawa mulai dari makanan dan oleh-oleh lainnya. Namun, Sobat perlu perhatikan barang bawaan ini, jangan sampai melebihi muatan dan merepotkan ketika diperjalanan.

Terlebih jika Sobat balik dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan pesawat. Maka periksalah berat barang bawaan supaya tidak melebihi muatan yang dibawa.

4. Pastikan Fisik Dalam Kondisi Sehat

tips balik lebaran
Sumber gambar : freepik/Queenmoonlite Studio

Selain kendaraan dalam kondisi baik, tentunya pastikan juga tubuh Sobat dan keluarga dalam kondisi sehat sebelum melakukan perjalanan balik lebaran. Minumlah vitamin sebelum memulai perjalanan balik mudik dan pastikan Sobat sebelumnya istirahat yang cukup.

Jika di perjalanan Sobat merasa sakit atau tidak enak badan jangan ragu untuk istriahat sejenak dan hubungi petugas jika naik trasportasi umum. Namun jika Sobat mengendarai kendaraan pribadi bisa berhenti sejenak dan mencari fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau rumah sakit.

5. Siapkan Bekal Untuk Diperjalanan

tips balik lebaran
Sumber gambar : freepik/chormail

Perjalanan arus balik lebaran tentunya bisa memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu bawalah bekal untuk diperjalanan mulai dari makanan berat, camilan, dan minuman secukupnya. Camilan ini bisa untuk mengurangi rasa bosan diperjalanan.

Namun jika Sobat mengemudi kendaraan pribadi maka usahakan berhenti dahulu sebelum makan dan minum supaya tidak membahayakan. Selain makanan dan minuman, bawa juga obat-obatan dalam kotak khusus. Bawalah obat mulai dari obat merah, obat mual, dan lainnya.

Nah belanja snack dan camilan untuk temani perjalanan arus balik mudik di Klik Indomaret aja. Pas banget ada promo snack dan camilan dengan diskon hingga 35% loh. Jadi tunggu apalagi, ayo belanja di Klik Indomaret sekarang.

tips balik lebaran
Periode promo hingga 25 April 2023

Belanja Snack dan Camilan di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here