cuaca panas ekstrem
Sumber gambar : freepik/rommma

Beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami cuaca panas yang tidak biasa. Ini dia tips jaga kesehatan di cuaca panas ekstrem yang bisa Sobat coba.


Cuaca panas terik biasa terjadi ketika musim panas di berbagai wilayah Indonesia. Namun apa jadinya jika cuaca panas yang terjadi tidak biasa atau ekstrem? Tentunya akan membuat tubuh jadi mudah lelah sehingga aktivitas pun terhambat.

Bahkan cuaca panas ekstrem ini bisa memicu masalah kesehatan fisik dan mental loh. Umumnya jika terpapar cuaca panas yang cukup lama akan membuat suhu tubuh meningkat. Kondisi ini kemudian tubuh secara alami akan mengeluarkan keringat sebagai cara mendinginkan diri.

Namun, jika suhu panas terlalu ekstrem maka dapat memicu heatstroke dan berisiko menyebabkan dehidrasi kulit terbakar, pusing, hingga mual. Selain itu cuaca panas ekstrem juga bisa mempengaruhi kondisi emosional seperti mudah marah, cemas, gelisah, linglung, hingga stres.

Nah ini dia tips untuk jaga kesehatan di cuaca panas ekstrem yang bisa Sobat coba.

1. Penuhi Kebutuhan Cairan

cuaca panas ekstrem
Sumber gambar : freepik/masaniko

Tips penting yang pertama yaitu selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air putih sebanyak 2-3 liter per hari. Selain minum air putih, Sobat juga bisa mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi dan air kelapa untuk membantu menyejukkan tubuh.

Hindari minuman berkafein dan tinggi gula seperti kopi dan teh ketika cuaca panas. Meski menyegarkan, minuman ini justru dapat memicu dehidrasi.

2. Pakai Sunscreen

cuaca panas ekstrem
Sumber gambar : freepik/jcomp

Selanjutnya yaitu gunakan tabir surya baik sunscreen dan sunblock terlebih jika Sobat sering melakukan aktivitas di luar ruangan ketika cuaca panas. Meskipun menggunakan tabir surya itu wajib dilakukan baik di cuaca panas, hujan, maupun mendung.

Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan mencegah penuaan dini. Nah belanja sunscreen di Klik Indomaret aja, karena banyak promo dan gratis ongkir loh.

cuaca panas ekstrem
Periode promo hingga 30 April 2023

3. Gunakan Pakaian Yang Tepat

cuaca panas ekstrem
Sumber gambar : freepik/jcomp

Ketika cuaca panas ekstrem hindari menggunakan pakaian berwarna gelap karena dapat menyerap panas sehingga akan membuat tubuh semakin kepanasan. Pilihlah pakaian berwarna cerah, longgar, berbahan lembut, dan mudah menyerap keringat.

Sobat juga bisa gunakan topi, payung, dan kacamata hitam ketika akan beraktivitas di luar ruangan supaya terlindung dari panas dan sinar UV.

4. Penuhi Kebutuhan Makanan

cuaca panas ekstrem
Sumber gambar : freepik/KamranAydinov

Ketika cuaca panas ekstrem membuat nafsu makan menurun. Jadi supaya tetap berenergi saat beraktivitas di cuaca yang panas bisa mengonsumsi makanan ringan dengan prosi kecil tetapi lebih sering. Pilih snack dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, seperti buah, dan kacang-kacangan.

5. Gunakan Pendingin Ruangan

cuaca panas ekstrem
Sumber gambar : freepik

Ketika cuaca panas yang ekstrem tentunya membuat tubuh banyak berkeringat dan tidak nyaman saat beraktivitas. Oleh karena itu Sobat bisa menggunakan pendingin ruangan atau AC di rumah. Namun, pastikan suhu yang dipasang tidak terlalu dingin karena justru akan membuat udara jadi kering dan dapat membuat dehidrasi.

Namun, jika Sobat tidak memiliki pendingin ruangan bisa juga menyiasati dengan beberapa tips lain berikut ini.

Baca Juga : Rumah Tetap Dingin Tanpa AC, Ini Tipsnya

Nah, jika menggunakan pendingin ruangan jangan lupa selalu pastikan tagihan dan token listrik sudah terisi ya. Apabila tagihan dan token listrik habis bisa langsung beli di Klik Indomaret ya. Pas banget ada promo cashback hingga Rp 10.000,- loh. Jadi tunggu apalagi, yuk download Klik Indomaret sekarang!

cuaca panas ekstrem
Periode promo hingga 30 April 2023

Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here