tips perjalanan jauh
sumber gambar: freepik/jcomp

Tips perjalanan jauh pasti dibutuhkan bagi kamu yang berencana pergi ke luar pulau atau luar negeri. Karena pasti banyak perlengkapan dan kebutuhan yang perlu kamu persiapkan sobat. Agar perjalanan jauh yang ditempuh terasa nyaman meski memakan waktu yang lama.

Jika kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, pesawat dan lain sebagainya mungkin sobat perlu mempersiapkan banyak hal sebelum keberangkatan. Contohnya mengikuti tips perjalanan jauh agar terasa nyaman berikut ini.

Cek Kondisi Tubuh

tips perjalanan jauh
sumber gambar: freepik/wayhomestudio

Sebelum pergi jauh hal pertama perlu kamu pikirkan adalah kondisi tubuh mu. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang fit dan sedang tidak sakit, karena bisa repot jika kamu sakit selama perjalanan dan bisa saja membahayakan orang lain yang mungkin bisa tertular.

Sedia Uang Tunai

tips perjalanan jauh
sumber gambar: freepik/Skata

Kalau kamu tipikal orang yang cashless, saat bepergian apalagi dengan jarak yang jauh dari rumah wajib untuk membawa uang tunai. Mengapa? Karena kita tidak tahu apakah tempat atau daerah yang kita kunjungi akses internet nya memadai atau tidak.

Selain itu, tidak semua daerah menerima pembayaran non tunai justru beberapa tempat masih memanfaatkan pembayaran secara  tunai.

Periksa Kembali Dokumen 

tips perjalanan jauh
sumber gambar: freepik/user23674593

Jika kamu bepergian ke luar kota atau bahkan luar negeri, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan dokumen sebelum pergi. Misalnya jika naik transportasi umum, periksa kembali tiket, paspor, ktp, data diri lainnya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk pergi.

Jangan sampai ketika sudah waktu nya untuk berangkat ada dokumen yang tertinggal sehingga menjadi kendala keberangkatan mu.

Bawa Obat-Obatan 

tips perjalanan jauh
sumber gambar: freepik/jcomp

Jika kamu punya obat yang rutin untuk diminum, membawa obat-obatan tersebut saat bepergian sangat kamu butuhkan. Tidak hanya obat-obatan rutin, tapi obat-obatan mendasar seperti obat sakit kepala, flu, plester luka dan lainnya juga wajib untuk dibawa.

Hal itu untuk menghindari kalau saja terjadi hal yang diinginkan, kamu dapat menanggulanginya dengan obat-obatan yang kamu bawa.

Tinggalkan Rumah Dalam Keadaan Rapi

tips perjalanan jauh
sumber gambar: freepik/vanitjan

Satu lagi dan yang tidak boleh terlewat adalah saat hendak pergi tinggalkan rumah dalam keadaan rapi dan bersih. Pindahkan juga barang berharga ke tempat yang aman atau bisa juga dibawa untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.

Jika kamu punya hewan peliharaan, titipkan mereka ke orang terpercaya atau pet hotel. Tidak ada salahnya juga, menitipkan pesan ke tetangga untuk sesekali melihat rumah yang kalian tinggalkan sobat.

Nah sobat beberapa tipsperjalanan jauh di atas bisa kamu terapkan agar perjalananmu terasa lebih nyaman dan tenang. Kamu punya tips perjalanan jauh lainnya? Coba bagikan di kolom komentar siapa tahu bermanfaat untuk yang lain.

tips perjalanan jauh
sumber gambar: Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here