sambal
sumber gambar: freepik

Mayoritas orang Indonesia atau Asia pasti menyukai makanan berempah dan berbumbu pedas. Itu sebabnya, makanan yang biasanya dikonsumsi memiliki cita rasa yang kaya dan lezat.

Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis sambal dari berbagai daerahnya. Berbagai sambal ini memiliki ciri khas, nah buat sobat yang belum tahu ini dia beberapa sambal nikmat khas Indonesia yang bisa dicoba.

Sambal Dabu-Dabu

Buat kamu yang suka sensasi pedas dan segar bisa coba sambal dabu-dabu yang umumnya ada di masakan wilayah timur Indonesia sobat. 

Sambal ini berisi berbagai campuran seperti irisan bawang merah, tomat, cabai merah, timun, cabai rawit, timun dan lainnya yang memberi rasa segar.

Sambal Matah

Siapa sih yang tidak kenal sambal dari Bali yang satu ini, sambal matah punya cita rasa yang pedas dan aroma nikmat yang berasal dari batang serai. terdiri dari irisan bawang merah, batang serai, daun jeruk, cabai rawit dan lainnya.

Sambal Pecak

Sambal yang satu ini umumnya ditemukan di berbagai daerah pulau Jawa. Sambal pecak biasa dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan atau penyetan.

Terbuat dari ulekan bawang putih, cabai, kemiri lalu bumbu-bumbu lain yang diracik sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan pedas.

Sambal Andaliman

Sambal pedas yang selalu jadi andalan suku Batak atau masyarakat Sumatera Utara untuk melengkapi rasa makanan. Terbuat dari rempah-rempah pilihan seperti andaliman, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, kemiri dan bumbu-bumbu lainnya.

Nah sobat itu dia beberapa sambal yang bisa dicoba. Sebenarnya masih banyak sambal lezat lainnya dari berbagai penjuru Indonesia yang bisa kamu cicipi di kota asalnya atau buat sendiri di rumah.

Mau Buat Sambal? Belanja Produk Segarnya Di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here