persiapan ramadan anak rantau
sumber gambar: freepik/odua

Ramadan bulan penuh berkah hampir tiba selain mempersiapkan dari segi fisik dan iman perlu ada persiapan lain. Khususnya buat anak rantau yang menjalankan puasa di kota perantauan.


Karena terbiasa hidup di kota orang dan jauh dari keluarga ataupun sanak saudara. Tentu mengharuskan untuk jadi pribadi yang lebih mandiri. Terlebih saat menjelang bulan suci Ramadan seperti sekarang.

Untuk mempersiapkan agar ibadah puasa lebih lancar, kamu bisa menerapkan lima persiapan Ramadan untuk anak rantau berikut ini.

Mengatur Jam Tidur

persiapan ramadan anak rantau
sumber gambar: freepik/odua

Saat Ramadan, tentu kamu perlu mengatur jam tidur menjadi lebih awal supaya bisa bangun untuk Sahur. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasatinya adalah memasang alarm untuk bangun, serta pengingat saat jam tidur.

Dengan begitu sepanjang bulan Puasa kamu tidak akan kesulitan, meski tinggal sendiri karena bisa bangun tepat waktu di saat sahur.

Baca Juga: 4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Bulan Puasa

Membuat Target Pencapaian

persiapan ramadan anak rantau
sumber gambar: freepik/mdjaff

Selama bulan Ramadan, agar kamu lebih terpacu untuk menjalankan ibadah Puasa lebih maksimal. Kamu bisa membuat target pencapaian selama Ramadan agar progress baik dapat terlaksana.

Misalnya untuk khatam Al-Quran, kamu bisa mulai mencatat progress bacaan mulai dari hari pertama hingga seterusnya. 

Memperbanyak Ibadah 

persiapan ramadan anak rantau
sumber gambar: freepik/faizaminudin

Ibadah tentu tidak hanya dijalankan saat bulan Ramadan saja, melainkan setiap saat. Tapi jika dilakukan lebih baik lagi selama bulan puasa, makna dari menjalankan ibadah puasa akan lebih terasa bagi umat Muslim yang menjalankan.

Jika biasanya kamu menjalankan ibadah yang bersifat wajib seperti shalat lima waktu. Saat Ramadan, akan lebih baik jika ditambah dengan ibadah Sunnah untuk menambah lebih banyak pahala.

Sediakan Obat-Obatan

persiapan ramadan anak rantau
sumber gambar: freepik/sergeychuyko

Namanya penyakit memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Itu sebabnya mempersiapkan obat-obatan untuk menjaga fisik tetap prima saat puasa sangat diperlukan.

Khususnya buat kamu yang memiliki beberapa gangguan kesehatan dan memiliki obat yang wajib dikonsumsi. Seperti maag, diabetes, kolesterol, darah tinggi, dan lain sebagainya yang sudah diresepkan oleh Dokter sebelumnya.

Mempersiapkan Stok Makanan

persiapan ramadan anak rantau
sumber gambar: freepik/bearfotos

Sebagai anak rantau tentunya, hal yang satu ini penting juga untuk kamu lakukan menjelang bulan Ramadan. Mempersiapkan makanan siap saji, bahan makanan, dan juga makanan kaleng untuk saat genting akan memudahkan kamu untuk memenuhi kebutuhan perut.

Selain beberapa persiapan Ramadan anak rantau di atas, menjalin silaturahmi dengan keluarga di kota asal juga jangan sampai terputus. Tetap jaga komunikasi dan saling mengingatkan akan memperlancar ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Tidak lupa juga untuk stok makanan siap saji seperti frozen food. untuk jaga-jaga butuh menu yang praktis untuk sahur dan buka puasa di waktu yang mepet. Promo hemat yang satu ini di Klik Indomaret ini bisa jadi pilihan.

persiapan ramadan anak rantau
Periode promo berlangsung dari 16 Maret – 31 Maret 2023

Persiapkan Stok Frozen Food, Belanja Di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here