5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan
Sumber gambar : freepik/heruanggara

Ramadan merupakan bulan penuh rahmat serta ampunan. Sangat disayangkan jika momentum Ramadan tidak dimanfaatkan untuk memperbanyak amal dan ibadah.


Bulan Ramadan jadi bulan yang ditunggu oleh umat muslim. Selain sebagai bulan penuh rahmat, Ramadan juga menjadi momentum Nuzulul Quran atau turunnya Al Quran. Oleh karena itu banyak orang yang ingin mengkhatamkan Al Quran 30 Juz.

Nah, untuk bisa khatam Al Quran selama bulan Ramadan yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Baca Dua Lembar Setelah Salat

5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan
Sumber gambar : freepik/faizaminudin

Supaya bisa khatam Al Quran selama bulan Ramadan penting untuk menyusun strategi atau target supaya bisa tercapai. Salah satu cara yng bisa dicoba yaitu membaca dua lembar setiap selesai salat. Hitungan ini berdasarkan Al Quran Madinah Rasm Utsmany yang terdiri dari 20 halaman setiap juznya.

Jadi untuk perhitungannya sebagai berikut.

600 halaman : 30 hari = 20 halaman/hari

20 halaman : 5 salat = 4 halaman/salat atau 2 lembar

Bacalah Saat Senggang

5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan
Sumber gambar : freepik/iripetrakova

Jika Sobat menetapkan target khatam Al Quran hanya 1 kali selama bulan Ramadan maka membaca dua lembar setiap selesai salat sudah cukup. Namun, jika ingin khatam lebih dari 1 kali maka setiap senggang Sobat bisa sempatkan untuk membaca Al Quran. Jangan lupa bawa Al Quran saat berpergian.

Baca Juga : Tips Mudah Hindari Bau Mulut Selama Berpuasa

Beli Al Quran Ukuran Mini

5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan
Sumber gambar : freepik/tariktk

Untuk memudahkan membaca Al Quran ketika senggang Sobat bisa membawa Al Quran dimana dan kapan saja. Saat ini sudah banyak aplikasi Al Quran digital yang bisa diinstal pada smartphone agar mudah dibuka kapanpun. Namun, kekurangannya ketika baterai habis maka akan kesulitan saat ingin membaca Al Quran.

Solusinya Sobat bisa membeli Al Quran berukuran kecil atau mini. Al Quran ini tentunya akan mudah saat dibawa berpergian tanpa khawatir baterai habis. Namun, perlu diperhatikan mengenai ukuran tulisannya, pastikan Sobat bisa membaca tulisan pada Al Quran tersebut.

Perhatikan Jadwal Datang Bulan (Haid)

5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan
Sumber gambar : freepik/mkitina4

Nah untuk Sobat yang muslimah, maka pastikan untuk jadwal haid selama bulan Ramadan. Karena saat haid Sobat tidak bisa berpuasa dan melakukan ibadah lainnya begitu pula membaca Al Quran. Kamu tetap punya target untuk mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadan.

Jika setiap setelah salat membaca 2 lembar maka ada beberapa hari yang perlu ditambahkan targetnya menjadi 3-4 lembar setiap setelah salat. Hal ini supaya target untuk khatam Al Quran tetap bisa tercapai meskipun sedang datang bulan atau haid.

Tetapkan Reward dan Punishment

5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan
Sumber gambar : freepik

Sebagai bentuk komitmen untuk mengkhatamkan Al Quran selama bulan Ramadan, maka penting untuk menerapkan reward dan punishment saat menjalankannya. Terapkan reward yang mudah tetapi disenangi seperti buka puasa dengan makanan enak. Sedangkan punishment bisa berupa target yang belum tuntas dijadikan sebagai hutang di esok hari.

Itu dia beberapa tips untuk khatam Al Quran di bulan Ramadan bisa Sobat coba terapkan. Jangan lupa untuk membayar Zakat secara rutin ya. Supaya lebih mudah bayar zakar sekarang bisa lewat aplikasi Klik Indomaret loh. Jadi tunggu apalagi, yuk bayar Zakat sekarang.

5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan

Bayar Zakat di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here