4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/jcomp

Penting untuk mengatur waktu tidur saat bulan puasa. Apalagi jika sering begadang dan tidak terbiasa bangun jam 4 pagi.


Selama bulan puasa membuat banyak kebiasaan yang harus disesuaikan salah satunya mengatur jam tidur. Hal ini berguna untuk membuat tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk seharian.

Hal ini karena saat berpuasa harus bangun lebih awal untuk sahur supaya bisa lebih kuat untuk menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka. Jadi penting untuk mengatur waktu tidur supaya tidak mudah lelah dan mengantuk selama berpuasa.

Nah jangan khawatir Sobat bisa ikuti beberapa tips mengatur jam tidur saat bulan puasa berikut ini.

Jangan Begadang

4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/jofreepik

Sobat suka begadang untuk nonton bola, drama korea, atau scroll media sosial? Jika iya, saatnya untuk menghentikan kebiasaan ini ya. Begadang selama bulan puasa dapat membuat kekurangan energi untuk beraktivitas seharian. Apalagi jika harus menahan lapar dan haus pasti tubuh akan lebih mudah merasa lelah dan lesu.

Tidur Yang Cukup

4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/lifeforstock

Selain tidak begadang, usahakan waktu tidur mu cukup. Jika biasanya tidur pukul 12 malam atau lebih, maka selama bulan puasa Sobat perlu menyesuaikannya karena perlu bangun pagi untuk sahur.

Pastikan tidurmu cukup yaitu selama 8 jam agar tidak merasa kelelahan atau mengantuk saat beraktivitas di siang hari. Selain itu, dengan tidur yang cukup maka akan terhindar dari dehidrasi, pusing, dan rasa kantuk yang berlebihan.

Usahakan Tidur Saat Senggang

4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/pressfoto

Selama waktu istirahat siang hari, karena tidak bisa makan bisa Sobat manfaatkan untuk tidur sebentar. Hindari menggunakan waktu istirahat ini dengan melakukan aktivitas berat. Karena dapat membuat tubuh jadi lelah dan kekurangan banyak energi.

Sebaiknya gunakan waktu istirahat ini dengan tidur sesaat supaya tubuh terasa lebih bugar dan tidak terlalu mengantuk saat beraktivitas baik bekerja atau sekolah.

Buat Suasana Tidur Lebih Nyaman

4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : freepik/

Untuk memenuhi waktu tidur 8 jam, maka sebaiknya untuk tidur lebih awal. Namun, tidak jarang beberapa orang sulit untuk tidur lebih awal karena tidak biasa. Maka Sobat bisa coba untuk membuat suasana kamar tidur yang lebih nyaman supaya lebih mudah mengantuk.

Suasana tidur yang nyaman bisa disesuaikan seperti menggunakan pengharum ruangan, kamar yang bersih, selimut yang nyaman, dan yang tidak kalah penting yaitu bebas nyamuk. Sobat juga bisa coba dengan menambahkan bantal atau boneka disamping saat tidur supaya lebih nyaman.

Baca Juga : Tips Supaya Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Itu beberapa tips untuk mengatur jam tidur selama bulan puasa supaya tidak kelelahan dan lebih bugar selama beraktivitas seharian. Jangan lupa untuk membuat tidur mu lebih nyaman untuk selalu siap sedia pembasmi nyamuk di rumah ya.

Beli Obat Pembasmi Nyamuk di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here