4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat
Sumber gambar : freepik/garakta_studio

Puasa hari pertama pasti terasa berat karena perlu adanya penyesuaian. Selain adanya perubahan pola waktu tidur, waktu konsumsi makanan dan minuman juga mengalami perubahan.


Bulan Ramadan sudah di depan mata. Selain banyak persiapan materi tetapi juga perlu adanya persiapan lainnya supaya tidak kaget saat mulai puasa. Sebisa mungkin untuk menjalani hari pertama puasa dengan tubuh yang sehat.

Selain itu saat buka puasa di hari pertama tentunya tubuh membutuhkan persiapan. Jangan sampai buka puasa hari pertama berlebihan dan membuat tubuh sakit sehingga mempengaruhi puasa berikutnya.

Lantas apa saja yang perlu dilakukan saat buka puasa di hari pertama supaya tubuh tetap sehat dan pencernaan tidak terganggu? Berikut tips buka puasa di hari pertama supaya puasa selanjutnya berjalan lancar.

Buka dengan Makanan Ringan

4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat
Sumber gambar : freepik/ikarahma

Saat buka puasa, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan berat. Ketika mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat perut kosong justru dapat membuat perut terasa begah, sakit perut, hingga muntah.

Sebaiknya konsumsi makanan ringan terlebih dahulu saat buka puasa pertama. Makanan ringan ini berguna untuk proses penyesuaian pencernaan yang semula kosong. Bisa pilih menu takjil seperti kolak, pudding, kurma, hingga kue atau camilan manis lainnya.

Penuhi Kebutuhan Cairan

4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat
Sumber gambar : freepik/Queenmoonlite Studio

Saat puasa seharian tentunya asupan cairan dalam tubuh berkurang. Oleh karena itu saat buka puasa sebisa mungkin penuhi asupan cairan dengan minum 1-2 gelas air. Selain dari minum air mineral, Sobat juga bisa penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi buah dan sayur.

Baca Juga : Tips Puasa Sehat Supaya Tubuh Tidak Mudah Lelah

Makanan Wajib Saat Puasa

Demi memenuhi energi setelah seharian puasa, pastikan untuk memilih menu buka puasa yang sehat dengan beberapa jenis makanan berikut.

  • Buah dan Sayur
4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Buah dan sayur merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Sobat bisa konsumsi sayur yang kaya serat saat buka puasa seperti bayam, brokoli, dan lainnya. Sedangkan untuk buah Sobat bisa mengonsumsi buah kurma karena mengandung potasium dan mineral yang baik untuk tubuh.

  • Makanan Kaya Protein & Karbohidrat
4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat
Sumber gambar : freepik/odua

Selain konsumsi kaya serat dari buah dan sayur, tidak kalah penting untuk konsumsi karbohidrat untuk pulihkan energi. Sumber karbohidrat yang mudah ditemui yaitu nasi, roti, mie, dan lainnya. Selain karbohidrat, penting juga konsumsi makanan kaya protein untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan protein bisa didapatkan dengan konsumsi daging, ikan, dan kacang-kacangan

Jangan Berbaring Setelah Makan

4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat
Sumber gambar : freepik/benzoix

Setelah buka puasa, hindari untuk langsung berbaring. Hal ini dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan. Selain itu juga dapat menaikkan asam lambung dan menyebabkan gerd. Usahakan untuk duduk terlebih dahulu setidaknya 20 menit sehabis menyantap hidangan berbuka.

Itu dia beberapa tips buka puasa di hari pertama supaya tubuh tetap sehat dan puasa berikutnya tetap lancar. Bila Sobat bingung dengan menu buka puasa dan sahur, bisa cek makanan di Klik Indomaret Food. Selain lezat tentunya buka puasa makin nikmat dan mudah, karena cukup pesan dari rumah.

4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat

Belanja Makanan Untuk Buka dan Sahur di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here