Perbedaan Valentine dan White Day Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/subinpumsom

Jika ditanya mungkin sebagian orang lebih banyak tahu mengenai apa itu valentine atau hari kasih sayang. Biasa dirayakan setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Saat hari kasih sayang orang-orang mengekspresikan rasa sayangnya dengan berbagai cara romantis.

Ternyata dibalik perayaan valentine ini, terdapat perayaan yang bisa dibilang mirip dengan hari kasih sayang. Yaitu White day, baru pertama kali mendengar bukan? Meskipun terlihat sama kedua hal ini punya perbedaan loh Sobat.

Penasaran dan mau tahu perbedaan valentine dan white day? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya Sobat.

Dirayakan Di Tanggal yang Sama

Perbedaan Valentine dan White Day Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/novegor

White day dan valentine dirayakan di tanggal yang sama, yaitu tepat pada tanggal 14. Bedanya jika valentine di tanggal 14 Februari, White day dirayakan tepat satu bulan setelah perayaan valentine yakni di tanggal 14 Maret setiap tahunnya. 

Awal Muncul dan Sejarahnya

Awal kemunculan dan sejarah dari Hari kasih sayang atau valentine. Bermula dari abad ke 17 dimulainya tradisi untuk merayakan Valentine. 

Setelah meninggalnya seorang Pendeta di Roma bernama St.Valentine atau dikenal Valentinus yang memberikan surat kepada orang yang dikasihi sebagai ekspresi kasih sayangnya sebelum ia meninggal.

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa hari Valentine berasal dari festival Lupercalia yang merupakan perayaan musim semi pada zaman Romawi kuno.

Berbanding terbalik dengan perayaan Valentine yang kental akan sejarah dibaliknya, White day merupakan fenomena yang muncul pertama kali di Jepang. Pertama kali di rayakan di tahun 1978, National Confectionery Industry Association membuat White Day ini sebagai “Hari Balasan”.

Umumnya di Jepang saat Valentine perempuan yang memberikan hadiah kepada pasangan atau laki-laki yang mereka suka. Nah, saat white day laki-laki memberikan balasan hadiah atas apa yang diberikan saat Valentine.

Hadiah yang Diberikan

Perbedaan Valentine dan White Day Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik/interstid

Jika saat valentine kebanyakan orang atau perempuan memberikan cokelat, permen, bunga, cake, atau hadiah-hadiah lainnya. Pada perayaan White day sebenarnya sama saja, cuma hadiah yang diberikan sama dengan nama perayaannya.

Yaitu identik dengan warna putih, misalnya saja seperti cokelat putih, bunga putih, cake, aksesoris, pakaian atau hadiah-hadiah lain yang memiliki nuansa putih.

Negara yang Merayakan 

Perbedaan Valentine dan White Day Yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar : freepik

Ada dua negara yang merayakan baik Valentine dan White day, yaitu Jepang sebagai negara munculnya White day. Serta Korea Selatan yang memiliki nama lain untuk perayaan White day ini, yaitu Black day yang dirayakan setiap tanggal 14 April atau dua bulan setelah diadakannya Valentine.

Nah, itu dia perbedaan dari dua perayaan hari kasih sayang yaitu Valentine dan White day. Meski ada hari kasih sayang, untuk mengekspresikan rasa cinta dan respect kepada orang terkasih. Kamu bisa melakukannya di waktu kapan saja, tanpa perlu menunggu hari kasih sayang tiba.

Perbedaan Valentine dan White Day Yang Perlu Kamu Tahu
Periode promo hingga 17 Feb 2023
Belanja Kebutuhan Untuk Orang Tersayang di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here