menghemat biaya pernikahan
Sumber gambar : freepik

Mempersiapkan momen pernikahan tentunya banyak biaya yang perlu dikeluarkan. Nah ini tips menghemat biaya pernikahan yang bisa kamu terapkan.


Setiap orang pasti mendambakan pesta pernikahan sempurna sebagai momen satu kali seumur hidup. Dalam proses merancang pernikahan seperti yang diinginkan bukanlah sesuatu hal mudah, terutama mengenai biaya yang dikeluarkan.

Terlebih saat ini biaya pernikahan terbilang cukup mahal. Biasanya biaya pernikahan ini mencapai puluhan hingga ratusan bahkan milyaran juta. Tentunya bukan uang yang terbilang sedikit bukan?

Baca Juga : Tips Hemat Foto Prewedding yang Bisa Diterapkan

Nah, tapi tenang berikut ini tips hemat biaya pernikahan yang bisa kamu coba supaya momen pernikahan tetap berkesan tetapi hemat di kantong juga.

1. Buat Daftar Prioritas

menghemat biaya pernikahan
Sumber gambar : freepik

Buatlah daftar hal-hal yang paling penting untuk pernikahan. Misalnya dekorasi, makanan, atau fotografi. Setelah membuat daftar kemudian urutkan daftar prioritas dari yang paling penting sampai yang kurang penting.

Selanjutnya alokasikan anggaran sesuai dengan daftar prioritas tersebut.

2. Tentukan Tanggal

menghemat biaya pernikahan
Sumber gambar : freepik

Pilihlah tanggal dan waktu pernikahan yang tepat. Untuk menghemat biaya bisa pilih hari kerja dan hindari menikah di musim pernikahan seperti bulan Juni/Juli (pertengahan tahun). Karena biasanya di bulan-bulan ini harga vendor pernikahan akan lebih mahal.

Pertimbangkan juga untuk memilih waktu pernikahan pada waktu siang hari atau sore hari karena di waktu ini biasanya lebih terjangkau daripada mengadakan pernikahan di malam hari.

3. Pilih Lokasi dan Sesuaikan Tamu Undangan

menghemat biaya pernikahan
Sumber gambar : freepik/fxquadro

Selanjutnya pilihlah lokasi pernikahan yang terjangkau dan disesuaikan dengan tamu undangan. Pertimbangkan untuk menggunakan lokasi publik atau outdoor yang tidak memerlukan biaya sewa dan lebih terjangkau.

Selain memilih lokasi pernikahan yang terjangkau, sesuaikan juga daftar tamu undangan. Pilihlah orang-orang dengan selektif yang akan diundang ke pernikahan. Batasi jumlah tamu pada pernikahan bisa sangat membantu menghemat biaya.

4. Gunakan Undangan Online

menghemat biaya pernikahan
Sumber gambar : freepik/joycipher

Kamu bisa menghemat biaya dengan menggunakan undangan pernikahan online. Namun, jika undangan online dirasa kurang etis, kamu bisa kombinasikan undangan online dan fisik baik berupa kertas atau kartu. Berikan undangan fisik ke orang-orang penting seperti keluarga hingga atasan, dan berikan undangan online untuk teman dan sahabat.

5. Sewa Gaun dan Dekorasi

menghemat biaya pernikahan
Sumber gambar : freepik/jcomp

Gunakan gaun yang dapat membantu untuk menghemat biaya dengan memilih gaun yang sederhana. Pertimbangkan untuk menyewa gaun pengantin, pasalnya pernikahan berlangsung sekali seumur hidup. Jadi daripada membeli tetapi hanya dipakai sekali seumur hidup lebih baik untuk menyewa saja.

Begitu halnya dengan dekorasi, pilihlah dekorasi yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Kamu bisa juga membeli secara online atau menyewanya.

Itu tadi beberapa tips menghemat biaya pernikahan. Ingatlah bahwa pernikahan tidak harus mahal untuk indah dan berkesan. Jadi perlu persiapkan dengan matang dan tentunya sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Jangan lupa untuk merencanakan pernikahan bersama pasangan dan keluarga ditemani dengan camilan dan minuman segar. Belanja makanan dan minuman lezat di Klik Indomaret aja, karena banyak promonya, lengkap produknya, dan gratis ongkir loh.

menghemat biaya pernikahan

Belanja Makanan dan Minuman Segar di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here