mooncake festival
Sumber gambar : freepik/dashu83

Mooncake festival atau yang dikenal dengan Festival Pertengahan Musim Gugur adalah salahsatu perayaan tradisional China yang dirayakan setiap tahunnya. Kebetulan, Mooncake Festival di tahun ini jatuh pada tanggal 10 September 2022 tepat pada hari ini.

Sebagian dari sobat mungkin masih ada yang belum tahu, apa sih Mooncake Festival itu? Kenapa dirayakan setiap tahunnya? Untuk menjawab semua pertanyaan itu. Yuk simak arti dan penjelasan singkat dari Festival Pertengahan Musim Gugur yang satu ini.

Mooncake Festival atau Moon Festival, merupakan salah satu hari libur terbesar di China. Festival ini meliputi, selebrasi menggembirakan, reuni antar keluarga, kue bulan dan parade.

Itu sebabnya perayaan ini sangat dinantikan, tidak hanya di Negeri asalnya Festival Pertengahan Musim Gugur ini juga populer di beberapa negara. Khususnya negara Asia seperti Jepang, Korea, Malaysia dan juga Singapur tapi dengan nama yang berbeda-beda pastinya.

Dalam penanggalan China Festival Pertengahan Musim Gugur, diadakan pada tanggal 15 bulan ke 8 dengan artian yaitu pada bulan September atau awal Oktober dalam kalender Gregorian.

Tidak hanya di China dan negara-negara lain saja, melalui halaman kompas.com selain di China, keturunan China yang berada di luar negeri seperti di Indonesia juga memperingati Festival Kue Bulan setiap tahunnya.

Khususnya, bagi masyarakat Tionghoa yang menganut agama Konghucu. Terdapat ibadah sembahyang kepada leluhur dengan mempersembahkan kue bulan di atas meja altar sembahyangan.

Untuk merayakan Mooncake festival, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan kebahagiaan dan cinta, yaitu berbagi kue atau hampers kue bulan khas Festival Pertengahan Musim Gugur.

Selamat memperingati Festival Pertengahan Musim Gugur tahun ini bagi segenap sobat yang merayakan.

mooncake festival
Periode promo berlangsung dari 06 September – 11 September 2022

Sumber info: chinahighlights.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here