makanan khas Imlek
sumber gambar: freepik

Pernak-pernik serba merah sudah terlihat di berbagai tempat seperti pusat perbelanjaan. Itu tandanya perayaan Tahun Baru Imlek sudah dekat sobat. Perayaan penuh kebahagiaan ini dirayakan setiap tahunnya oleh masyarakat Tionghoa.

Selain pernak-pernik ada juga jajanan dan makanan khas Imlek sudah mulai dijual di beberapa tempat. Rasanya yang legit dan enak, tentu saja menambah kegembiraan dalam merayakan tahun baru bersama orang terdekat. Yuk intip beberapa makanan khas Imlek dan makna dibaliknya.

Sup Delapan Jenis

Makan sup dengan satu atau dua isian mungkin sudah biasa, tapi bagaimana kalau makan sup dengan berbagai isian yang beragam? Ini semua bisa kamu temukan di sup delapan jenis atau Eight Treasure Soup yang biasanya ada saat perayaan Imlek ini.

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, angka 8 dilambangkan sebagai angka keberuntungan. Beberapa isian dari sup ini diantaranya teripang, udang, ikan dan lainnya.

Telur Rebus Dalam Teh

Kalau melihat telur direbus dalam air biasa pasti sudah sering, tapi pernah gak kalian lihat telur rebus dalam teh? Nah makanan khas berupa telur rebus dalam teh ini, menjadi kuliner yang biasanya ada saat perayaan Imlek. 

Telur rebus dalam teh ini melambangkan kesuburan dan dipercaya juga dapat memberikan kesejahteraan. Bagi siapa yang memakannya saat tahun baru.

Baca Juga: 6 Tips Belanja Keperluan Hari Raya Imlek

Ayam atau Bebek

Tidak ketinggalan ada juga ayam maupun bebek utuh yang dihidangkan saat imlek. Dipercaya kedua hewan ini melambangkan ketaatan dan kesetiaan. Menu ini bisa diolah berbagai macam, misalnya saja seperti dipanggang dengan tambahan pendamping makanan lainnya.  

Ikan

Selain hewan yang ada di darat, ikan juga termasuk menjadi menu andalan yang seringkali ada pada perayaan Imlek. Olahan ikan yang biasa digunakan adalah ikan bandeng, dimana ikan bandeng ini akan dimasak secara utuh untuk dimakan bersama-sama.

Makna dari olahan makanan ikan ini dipercaya melambangkan rezeki yang lancar. Sehingga kuliner yang satu ini tidak ketinggalan ada saat perayaan Imlek.

Kuaci

Makanan yang umumnya kita makan sebagai cemilan ini, ternyata juga menjadi salah satu cemilan saat perayaan Imlek. Kuaci ini dipercaya melambangkan kesuburan, sehingga tidak ketinggalan jadi cemilan yang ada pada saat perayaan Imlek.

Nah sobat, sudah kenalkan beberapa makanan yang sering dihidangkan saat Imlek ini? Bagi kamu yang nanti merayakan Imlek, kiranya makna-makna dan doa baik bisa terwujud di tahun baru yang penuh makna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here