mitos dan tradisi imlek
sumber gambar: freepik

Perayaan Imlek pada umumnya bertabur dengan banyak hal. Mulai dari tradisi, pernak-pernik, makanan khas, kebiasaan, sampai mitos dan fakta unik seputar Imlek yang menarik untuk dikulik dan diketahui tentang makna dibaliknya.

Bagi yang merayakan Imlek, terdapat beberapa mitos dan tradisi yang dipercayai sebaiknya dihindari untuk menghalau kesialan atau hal buruk. Sudah tau apa saja? Kalau belum yuk lihat beberapa mitos seputar Imlek berikut ini.

Menyapu atau Membersihkan Rumah 

mitos dan tradisi imlek
sumber gambar: freepik

Seperti yang kita tahu menyapu lantai adalah kegiatan bersih-bersih yang sering dilakukan, bahkan sehari-hari. Nah ternyata, terdapat mitos yang diyakini seputar kegiatan menyapu ini. 

Pantang atau dilarang untuk menyapu maupun membersihkan rumah di hari pertama tahun baru Imlek. Sebab diyakini, secara tidak langsung dapat menyapu keberuntungan dan kekayaan untuk tahu ini.

Makan Bubur

mitos dan tradisi imlek
sumber gambar; freepik/dashu83

Siapa yang suka makan bubur? Kuliner yang satu ini memang jadi favorit bagi banyak orang apalagi bubur ayam. Tapi dibalik kelezatannya, saat tahun baru Imlek bagi yang merayakan makanan ini justru dihindari loh.

Alasannya bubur dianggap hanya dimakan oleh orang yang kurang mampu saat sarapan. Sehingga diyakini akan membuat rezeki menjadi seret ataupun lembek seperti bubur. 

Baca Juga: 6 Tips Belanja Keperluan Hari Raya Imlek

Memotong Rambut

mitos dan tradisi imlek
sumber gambar: freepik

Mau memotong rambut berharap punya gaya yang baru? Eitss tunda dulu jika kamu hendak memotongnya saat tahun baru Imlek dan kebetulan merayakannya. Karena diyakini memotong rambut dapat membawa kesialan, sehingga sebaiknya dihindari dan dilakukan lain waktu.

Tradisi Membagikan Angpao

mitos dan tradisi imlek
sumber gambar: freepik/pressfoto

Kalau tradisi Imlek yang satu ini sudah pasti banyak yang sudah tahu dan disukai oleh banyak orang. Membagikan angpao yang berisi uang dilakukan oleh orang yang sudah menikah, dan diberikan kepada anak-anak atau orang yang lebih tua.

Sedangkan untuk mereka yang masih belum menikah, dilarang memberikan angpao karena dipercaya dapat menjauhkan jodoh dan keberuntungan.

Nah dari beberapa mitos seputar Imlek ini mana yang sudah kamu tau? Sebenarnya masih banyak mitos lainnya, terlepas dari kepercayaan kita juga dapat mengambil sisi positif dari setiap mitos yang ada agar lebih bermanfaat.

Biar Tetap Hemat Belanja Di Klik Indomaret Solusinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here