Sumber gambar : freepik/cookie_studio

Punya tubuh ideal memang jadi priomadona untuk kebanyakan orang. Beberapa orang yang berbadan gemuk bersusah payak diet demi badan ideal. Tapi ternyata tidak sedikit pula orang yang merasa berbadan kurus juga berusaha keras untuk menaikkan berat badan.

Nah, seseorang dikatakan kekurangan berat badan atau kurang ideal ketika indeks massa tubuh dibawah 18,5. Tidak hanya perlu untuk menambah prosi makanan tetapi juga perlu diimbangi dengan olahraga rutin. Berikut ini beberapa tips gerakan olahraga untuk menambah massa otot.

Push Up

Sumber gambar : freepik

Gerakan ini termasuk dalam bodyweight exercise untuk menambah massa otot tubuh. Push up secara rutin untuk membentuk otot bahu dan lengan. Pastikan postur tubuh saat melakukan push up sudah benar supaya mengurangi cedera. Lakukan push up mulai dari 50 kali sehari atau bisa sesuaikan dengan kemampuan tubuh ya Sobat,

Tricep Dips

Sumber gambar : freepik

Jika kesulitan melakukan push up bisa lakukan gerakan ini. Layaknya push up, tricep dips juga bermanfaat untuk menambah massa otot bagian lengan dan bahu. Paling tidak lakukan 30 kali secara rutin setiap berolahraga. Namun, jika kamu mengalami nyeri di area bahu dan siku hindari untuk melakukan gerakan ini.

Dumbbell Shoulder Squat

Sumber gambar : freepik

Selanjutnya ada dumbbell shoulder squat, gerakan ini berbeda dengan kedua gerakan di atas. Gerakan ini membutuhkan bantuan alat olahraga bernama dumbbell. Dumbbell shoulder squat ini bertujuan untuk menambah masa otot bagian paha, pinggul, dan bahu. Pilihklah untuk mengggunakan dumbbell yang ringan untuk pemula. Namun, jika tidak memiliki dumbbell di rumah bisa ganti dengan botol berisi air.

Lunges

Sumber gambar : freepik

Gerakan satu ini berfokus untuk melatih otot bagian bawah, mulai dari perut hingga betis. Olahraga ini juga termasuk gerakan yang sering dipakai untuk pemanasan kaki. Cara melakukannya juga cukup mudah sehingga bisa dilakukan dimana saja. Lakukanlah gerakan ini dalam 3 set atau sekitar 30 kali secara berkala.

Nah itu dia beberapa gerakan olahraga untuk membantu menambah berat badan. Sobat bisa lakukan kombinasi gerakan tersebut sesuai kebutuhan. Atau bisa juga kominasikan dengan gerakan selain dari rekomendasi di atas. Dan pastikan asupan air mineral tetap terjaga selama berolahraga, supaya tidak dehidrasi akibat kekurangan cairan.

Stok Air Mineral di Rumah Sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here