kepiting dan rajungan
sumber gambar: freepik/sommail/dashu83

Kepiting dan rajungan adalah dua hewan air yang lumayan digemari khususnya bagi para penggemar seafood, karena rasanya yang fresh dan nikmat untuk dimakan bersama-sama.

Umumnya seafood diolah dengan berbagai cara bisa dibakar, ditumis, bumbu saus padang, asam manis dan banyak lainnya. Salah satu jenis seafood yang banyak digemari adalah kepiting hewan bercapit dan bercangkang cukup keras ini punya cita rasa yang nikmat.

Meski begitu ternyata ada hewan lain yang bentuknya hampir mirip. Yaitu rajungan yang juga disukai banyak orang, nah agar tak salah pilih berikut beberapa perbedaan kepiting dan rajungan yang bisa sobat lihat.

Rasa Daging 

Dari segi daging terdapat perbedaan antara kedua hewan laut ini sobat. Daging kepiting sendiri, dinilai lebih punya banyak daging dan rasa daging yang cenderung manis. Sedangkan rajungan tidak sebanyak daging kepiting, namun jika rajungan berukuran besar dan bercangkang keras memiliki daging yang tebal.

Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh kepiting sedikit lebih besar dibandingkan dengan bentuk tubuh yang lebih bulat dan tebal. Sedangkan ukuran tubuh rajungan lebih kecil dan juga tampak lebih ramping dibandingkan dengan kepiting.

Perbedaan Warna

Umumnya cangkang kepiting berwarna hijau kecoklatan sedangkan warna tubuh rajungan lebih ke putih kebiru-biruan. Meski begitu, kedua jenis hewan dan jenis kelaminnya masing-masing tetap memiliki perbedaan warna juga.

Habitat Hidup

Habitat dari kedua jenis hewan ini juga berbeda sobat, jika kepiting bisa hidup di darat maupun di air. Berbeda dengan rajungan, mereka hanya mampu hidup di dalam air lebih tepatnya di laut dan tidak bisa hidup tanpa air.

Nah sobat itu dia perbedaan keduanya yang bisa kamu simak. Sekarang sudah tau kan bedanya kedua hewan ini? Jadi jangan salah pilih ya sobat, masing-masing mempunyai gizi yang sama-sama baik bagi kesehatan.

kepiting dan rajungan
Periode berlangsung dari 01 September – 30 September 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here